Share
Advertisement

Siaran TV Analog di Jabodetabek Resmi Disuntik Mati Bulan Depan

Tangguh Yudha , Jurnalis-Jum'at 23 September 2022 16:31 WIB
Siaran TV di Jabodetabek resmi disuntik mati bulan depan (Foto: Istimewa)
Siaran TV di Jabodetabek resmi disuntik mati bulan depan (Foto: Istimewa)
A
A
A

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) segera menyuntik mati siaran TV analog (ASO) di wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Staf Khusus Menteri Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan bahwa hal ini bakal dilaksanakan mulai tanggal 5 Oktober 2022 mendatang.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat (23/9/2022), Niken menyampaikan, sudah waktunya Jabodetabek beralih ke sistem siaran TV Digital.

Menurutnya, Jabodetabek siap ASO karena telah memenuhi ukuran kesiapan yang terdiri dalam tiga hal.

“Pertama, di wilayah tersebut terdapat siaran TV analog yang akan dihentikan siarannya. Kedua, telah beroperasi siaran TV digital pada cakupan siaran TV analog sebagai penggantinya. Ketiga, sudah dilakukan pembagian bantuan Set Top Box (STB) bagi Rumah Tangga Miskin di wilayah tersebut,” ujarnya.

Demikian halnya dengan kesiapan siaran televisi digital di Jabodetabek.

Ia menilai Infrastruktur siaran TV digital di Jabodetabek juga telah seluruhnya beroperasi melalui 7 operator multipleksing (MUX), yaitu Lembaga Penyiaran Publik TVRI dan 6 Lembaga Penyiaran Swasta.

“Saat ini, 23 stasiun televisi di Jabodetabek sudah bermigrasi dari analog ke digital, serta terdapat program-program siaran televisi digital baru yang menambah keragaman pilihan konten acara yang dapat disaksikan oleh masyarakat,” lanjut Niken.

Niken memaparkan, saat ini pelaksanaan bantuan distribusi STB untuk rumah tangga miskin sejumlah 479.307 unit telah terlaksana 63,4 persen.

Dia juga mengklaim distribuainya berjalan sesuai rencana dan terus dipantau secara harian untuk dituntaskan sebelum 5 Oktober 2022.

(amj)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement