Share

Perjuangan Dakwah KH As'ad Humam Pencetus Metode Iqro: Main Sulap hingga Beri Hadiah Telur-Sabun

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 614 2673581 perjuangan-dakwah-kh-as-ad-humam-pencetus-metode-iqro-main-sulap-hingga-beri-hadiah-telur-sabun-bN14ZSsLc7.jpg KH As'ad Humam di sampul buku Iqro. (Foto: Muhammadiyah.or.id)
A A A

SEBAGIAN besar masyarakat Muslim di Indonesia pasti sudah tak asing dengan buku Iqro. Harus diakui bahwa buku 6 jilid tersebut secara tidak langsung telah membantu jutaan umat Islam dalam memahami huruf Arab beserta pelafalannya. Iqro merupakan metode membaca Alquran yang menekankan langsung pada latihan membaca.

Gambar pria tua kurus berkacamata dengan memakai setelan jas dan peci hitam itu selalu muncul di sampul buku Iqro. Ini adalah sebuah buku kecil untuk belajar membaca Alquran bagi anak-anak di Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ).

BACA JUGA:Alhamdullilah, DJ Katty Butterfly Sekarang Rajin Belajar Iqro 

KH As'ad Humam di sampul buku Iqro. (Foto: Muhammadiyah.or.id)

Meski gambar tersebut muncul dalam buku Iqro dan selalu dibawa oleh umat Islam baik usia anak-anak, remaja, dan dewasa saat belajar membaca Alquran, hanya sedikit yang tahu tentang sosok pria dalam sampul buku tersebut. 

Sosok itu adalah KH As'ad Humam, salah satu pelopor metode cepat belajar Alquran yang populer sebagai metode Iqro. Metode ini banyak diterapkan dalam setiap Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang tersebar di Tanah Air.

"Pada awalnya kami menyelenggarakan bimbingan Alquran untuk anak usia TK. Harapannya kalau anak TK saja mampu baca Alquran, maka orangtuanya akan tergerak untuk lebih peduli. Lalu pada 1989, kita tambah untuk usia SD atas permintaan banyak walisantri," kata Erweesbe Maimanati, putri KH As'ad Humam, dalam kanal YouTube Rukun Indonesia.

BACA JUGA:Masya Allah, Ayana Moon Semangat Ajari Iqra ke Adiknya yang Juga Mualaf 

Namun butuh perjuangan panjang bagi KH As'ad Humam untuk mencapai kesuksesan itu. Perjuangan dakwah sudah ia mulai sejak usia remaja. Oleh karena itulah berbagai pengalaman telah dirasakan, termasuk menemukan berbagai metode dakwah, di antaranya dengan bermain sulap.

Selain itu, sosok KH As'ad Humam mudah diterima segala kalangan. Sebab dia tidak pernah membeda-bedakan organisasi agama yang ada di Indonesia. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setiap pengajian ayahnya juga sering membawa hadiah untuk dibagikan kepada anggota yang hadir. Hadiahnya pun cenderung unik dari hadiah pada umumnya saat itu.

"Bapak kasih hadiah bukan buku atau pensil, tapi telur, beras, sabun, jadi orangtuanya juga bisa memanfaatkan secara langsung," kata Erweesbe Maimanati.

BACA JUGA:Surat Al Waqiah Lengkap Bacaan Arab, Latin, Arti, Tafsirnya, Buka di Alquran Digital Okezone 

Menurutnya, perjuangan ayahnya menggerakkan pengajian terhitung rutin dan tinggi kuantitasnya. Tidak segan ayahnya keluar kota untuk mendatangi pengajian di tengah kondisi badannya yang kurang sempurna.

Pesan ayahnya yang selalu diingat adalah kita hidup itu harus bekerja. Sebab dengan bekerja dan berpenghasilan, seseorang akan memiliki kesempatan yang luas dalam berdakwah.

BACA JUGA:Jumat Berkah Sunnah Baca Surat Al Kahfi, Lengkap Buka di Alquran Digital Okezone 

Ayahnya berharap gerakan dakwah bisa dilakukan semaksimal mungkin. Setiap orang harus memiliki jiwa aktivis walau dia seorang karyawan yang tidak secara langsung berkait dengan 'Kegiatan Belajar Mengajar' Alquran.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini