Share

Kerja Cuma 42 Jam Seminggu, Penduduk 3 Negara ini Punya World Life Balance Terbaik di Dunia!

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Minggu 25 September 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 612 2674542 kerja-cuma-42-jam-seminggu-penduduk-3-negara-ini-punya-world-life-balance-terbaik-di-dunia-dOIGT3kQQP.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)
A A A

BEBERAPA tahun terakhir, istilah ‘Work life balance’ semakin populer di kalangan generasi muda usia produktif.

World Life Balance, suatu kemampuan seseorang menerapkan pola gaya hidup yang bisa menyeimbangkan tanggung jawab pekerjaan dan hal lain di luar pekerjaan.

Sayangnya, di Indonesia sendiri kesadaran work life balance ini memang belum tinggi. Padahal, gaya hidup yang sehat dan seimbang ini penting dan berperan besar untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental.

Namun ternyata, ada loh beberapa negara yang masyarakatnya berhasil memiliki gaya hidup work life balance terbaik. Menghimpun berbagai sumber, Minggu (25/9/2022) berikut informasi singkatnya di bawah ini.

1. Italia: Menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan gaya hidup world life balance terbaik di dunia. World Economic Forum (berdasarkan data OECD) menyebut, negara ini memiliki skala 9,4 dari 10 yang berarti hampir sempurna. Masyarakat Italia sebagian besar menghabiskan 16,5 jam untuk urusan pribadi dan rekreasi. Bagi mereka, semakin panjang jam kerja yang dijalankan, maka akan semakin sedikit pula waktu yang dihabiskan untuk kegiatan lainnya, termasuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Pemerintah Italia juga semaksimal mungkin menciptakan iklim kerja yang fleksibel dan mampu mendukung para karyawannya, apalagi untuk para orangtua yang harus membagi antara pekerjaan kantor dan rumah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Denmark: Selanjutnya Denmark menduduki posisi kedua dalam jajaran yang memiliki gaya hidup world life balance paling baik di dunia dengan skala 8,6. Hanya sekitar 2 persen karyawan Denmark yang bekerja secara teratur dengan jam kerja panjang, padahal standar yang dipatok OECD adalah 13 persen. Masyarakat Denmark biasanya menghabiskan 16 jam dari waktunya untuk tidur, makan, dan bersosialisasi, serta rekreasi bersama orang-orang terdekat. Hasil studi menyebut, 96 persen masyarakat Denmark mengaku memiliki kerabat atau teman yang bisa diandalkan ketika sedang dalam masa sulit. Sementara itu, 86 persen masyarakat Denmark aktif terlibat dalam proses politik dan partisipasi pemilihan. Masyarakat Denmark menganggap kunci kehidupan bahagia adalah memprioritaskan hidup di atas pekerjaan

3. Norwegia: Norwegia dengan skala 8,6 sukses menduduki peringkat ketiga. Karyawan di Norwegia hanya menghabiskan sekitar rata-rata waktu 42,9 jam per minggu di tempat kerja. Oslo, menjadi kota yang dirasa paling nyaman untuk menerapkan kehidupan work life balance di Norwegia. Melansir laman Outlook, karyawan di kota ini biasanya menerima tunjangan liburan tahunan selama 25 hari. Selain itu, fasilitas kesehatan, kualitas udara, dan kualitas ekonomi yang baik juga menjadi nilai plus bagi Oslo.

 BACA JUGA:Viral! Orang Tua Bakar Merchendise K-Pop Milik Anak, Auto Masuk Media Korea

BACA JUGA:3 Momen yang Pas untuk Ngobrol Santai Bersama Anak, Cocok untuk Orangtua Pekerja!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini