Share

Cerita Lucu Abu Nawas Lolos dari Tugas Mustahil Menjahit Batu Pecah, Raja Ngaku Kalah Lagi!

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2022 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 16 614 2688236 cerita-lucu-abu-nawas-lolos-dari-tugas-mustahil-menjahit-batu-pecah-raja-ngaku-kalah-lagi-mtREXNwwrv.jpg Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas lolos dari tugas mustahil menjahit lumpang batu yang pecah. (Foto: YouTube Doa Ibu Guru)
A A A

SUATU hari Abu Nawas diperintah menjahit lumpang batu yang pecah. Tampaknya Baginda Raja masih saja mencari cara agar dapat mengalahkan sosok lucu tersebut.

Setelah itu Baginda Raja benar-benar ingin menghukum Abu Nawas karena memang akhir-akhir ini sering membuat malu dirinya, bahkan di hadapan rakyatnya sendiri.

BACA JUGA:Pakai Tumpukan Batu, Abu Nawas Ambil Balik Kebunnya yang Dicuri Abu Jahal 

"Siasat apa ya supaya Abu Nawas bisa tertipu?" pikir Baginda Raja dalam hati, seperti dikutip dari kanal YouTube Doa Ibu Guru, Senin (17/10/2022).

Untuk beberapa lama Baginda Raja masih belum menemukan caranya. Akhirnya ia terpaksa meminta bantuan dari menteri-menterinya. Tapi dari sekian banyak usulan para menterinya, tidak ada satu pun yang menurut Baginda Raja berbobot. 

Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: YouTube Doa Ibu Guru)

"Tipuan yang kalian usulkan sangat mudah dipecahkan. Jangankan Abu Nawas, aku sendiri bisa dengan mudah menebaknya," ujar Baginda Raja merasa tidak puas.

Tiba-tiba penasihat kerajaan berkata, "Ampun paduka yang mulia, bukankah paduka mempunyai batu lumpang yang sudah retak, suruh saja Abu Nawas menjahitnya."

BACA JUGA:Cerita Lucu Abu Nawas Bikin Hujan Turun Pakai Bajunya yang Bau 

Mendengar hal itu, Baginda Raja langsung kegirangan. "Usulanmu bagus. Aku setuju dengan idemu. Cepat panggil Abu Nawas kemari," kata Baginda Raja.

Singkat cerita, datanglah Abu Nawas menghadap Baginda Raja. "Ampun beribu ampun paduka yang mulia, ada gerangan apa paduka memanggil hamba?" tanya Abu Nawas. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Aku ada tugas baru untukmu," ujar Baginda Raja.

"Tugas apakah itu wahai paduka yang mulia?" tanya Abu Nawas lagi.

"Aku punya lumpang yang terbuat dari batu tapi sayang retak dan terbelah menjadi dua. Aku ingin kau menjahit lubang itu agar menyatu lagi," tutur Baginda Raja.

Tubuh Abu Nawas mendadak berkeringat mendengar perintah tersebut. Wajahnya langsung berubah menjadi pucat.

"Jebakan apalagi ini? Mana ada batu bisa dijahit!" gerutu Abu Nawas dalam hati.

"Eh, Abu Nawas, kenapa kau malah bengong? Aku kasih waktu sehari. Kalau kau tidak bisa, maka akan mendapat hukuman," gertak Baginda Raja.

"Sekarang kau pulang dan bawa lumpang batu yang retak ini," perintah Baginda Raja.

Setelah itu, Abu Awas pamit kembali pulang. Setibanya di rumah, dia langsung pergi mengumpulkan batu-batu kecil yang serupa dengan lumpang batu tersebut.

Keesokan harinya Abu Nawas pergi menuju istana dengan membawa batu-batu kecil dan lumpang batu milik Baginda Raja. 

Setelah sampai di istana, Baginda Raja lansung bertanya kepada Abu Nawas. "Hey, Abu Nawas, apakah lumpang batunya sudah dijahit?" tanya Baginda Raja.

"Ampun Paduka yang mulia, hamba sudah mengumpulkan batu-batu kecil yang sama persis jenisnya dengan lumpang batu milik paduka, dan hamba minta tolong kepada paduka untuk memilihkan serat dari batu-batu kecil yang hamba kumpulkan. Setelah itu, hamba akan jahit batu lumpang milik paduka," jawab Abu Nawas.

"Apa-apaan kau ini? Siapa juga yang dapat membuat batu sekecil itu menjadi benang?" tanya Baginda Raja.

"Ampun beribu ampun paduka yang mulia, tapi lumpang batu mirip padukan tidak bisa bila dijahit pakai benang biasa. Lumpang batu itu harus dijahit dengan benang yang terbuat dari batu," ujar Abu Nawas.

Mendengar penjelasan Abu Nawas, Baginda Raja pun tak bisa berbuat apa-apa. Kau memang cerdik, Abu Nawas," ungkap Baginda Raja dalam hati.

Dengan terpaksa Baginda Raja kembali membebaskan Abu Nawas. Sosok humoris itu pun lolos dari hukuman meskipun tidak bisa menyelesaikan tugas mustahil yang diberikan Baginda Raja.

Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini