Share

5 Doa untuk Pengantin yang Menikah secara Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 618 2688851 5-doa-untuk-pengantin-yang-menikah-secara-islam-UCTeSb8JUZ.jpg Ilustrasi doa untuk pengantin yang menikah secara Islam. (Foto: Shutterstock)
A A A

KETAHUI 5 doa untuk pengantin yang menikah secara Islam berikut ini. Diketahui bahwa menjadi pengantin baru merupakan suatu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan Islami. Selain itu, banyak keberkahan yang akan diterima bagi pasangan yang sudah halal ini.

Tidak sedikit juga untaian doa mengalir kepada para pengantin baru agar selalu diberkahi di setiap perjalanannya selama mengarungi bahtera rumah tangga.

Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan, baik dari pengantin itu sendiri maupun para tamu undangan yang hadir. Ini karena dalam Islam, pernikahan merupakan suatu bentuk ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana telah Okezone himpun, berikut ini 5 doa untuk pengantin yang menikah secara Islam. Bertujuan agar rumah tangganya sakinah, mawadah, dan warahmah.

Baca juga: Cerita Awal Mula Hijrah Uki Kautsar eks Noah, Beranikan Diri Bertanya ke Ustadz saat Penerbangan 

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

Baca juga: Perjalanan Hijrah Jhody Super Bejo, Berawal Serangan Jantung hingga Mantap Hapus Tato 

1. Doa akad

Doa ini dianjurkan untuk dibaca oleh setiap orang yang menghadiri acara tersebut. Mulai dari tamu undangan, orangtua, keluarga besar, dan sebagainya.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mendoakan pengantin sebagaimana tercantum dalam hadis sahih dan diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baarakaa ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoir.

Artinya: "Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan berkah kepadamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan kalian berdua pada kebaikan."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Doa setelah akad

Setelah melalui proses akad dan dinyatakan sebagai suami istri yang sah dimata agama dan hukum, suami hendaknya membacakan doa setelah akad.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْ

Allahumma inni as’aluka min khorihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih, wa a’udhu bika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltahaa ‘alaih.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tetapkan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang Engkau tetapkan atas dirinya."

3. Doa pernikahan harmonis

Tujuan dari pernikahan tentunya untuk meraih kebahagian dunia akhirat melalui rumah tangga yang harmonis. Untuk itu, dianjurkan membaca Surat Al Kahfi Ayat 10 yang berbunyi:

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya: "Ya Allah, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu, dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami."

4. Doa rumah tangga selalu diberkahi

وَ اللهُ اَكْبَرُ، اَسْاَلُكَ مِنْ بَعْدِ اَرْبَعِيْنَ وَ رَحْمَتُكَ، فَإِنَّهُمَا بِيَدَيْكَ لاَ يَمْلُكُهَا مِنْ اَحَدٍ غَيْرُكَ، وَ صَلِّ عَلٰی مُحَمَّدٍ وَ اٰلِهِ اَجْمَعِيْنَ.

Laa ilaaha illallaahu allaahu Akbar, as-aluka mim ba’di arbae’e’na wa rah’matuka, fa-inna humaa biyadaika laa yamlukuhaa min ah’adin ghairuk. S’allallaahu a’laa muh’ammadinw wa aalihi ajmae’e’n.

Artinya: "Tidak ada tuhan selain Allah, dan Allah adalah Yang Maha Tinggi. Saya meminta Anda setelah empat puluh hari dan belas kasihan Anda, keduanya ada di hadapan Anda. Tidak ada yang memiliki kekuatan kecuali Anda dan memberkati Muhammad dan semua keturunannya."

5. Doa agar pengantin saling menyayangi

اللهم اغفر لهم واحبهم وبارك لهم بما اعطيتهم

Allahummaghfir lahum wahibahum wabarak lahum bima aetitahum.

Artinya: "Ya Allah ampunilah dosa mereka, sayangilah dia (dan pasangannya) serta berkatilah mereka dengan karunia-Mu."

Wallahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini