Share

Manfaat Membaca Surat Yasin bagi Orang yang Masih Hidup

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 330 2689225 manfaat-membaca-surat-yasin-bagi-orang-yang-masih-hidup-xqAZf4kfzI.jpg Ilustrasi manfaat membaca Surat Yasin bagi orang yang masih hidup. (Foto: Unsplash)
A A A

MANFAAT membaca Surat Yasin bagi orang yang masih hidup. Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dijelaskan bahwa membaca satu huruf Alquran akan mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Kebaikan yang dimaksud dengan satu huruf yaitu huruf alif lam mim dihitung tiga huruf, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf. Jika membaca satu ayat, satu surat, satu juz, atau mengkhatamkan Alquran berapa banyak kebaikan yang akan didapatkan.

Ada banyak sekali manfaat membaca ayat suci Alquran, misalnya Surat Yasin yang umum dibaca. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Karim Benzema, Pesepakbola Muslim Peraih Ballon d'Or 2022 yang Rutin Pengobatan Nabi 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Baca juga: 7 Fakta Menarik Siswi Madrasah Teliti Sayap Lalat sebagai Antikanker, Terinspirasi Hadis Nabi 

1. Menambah ilmu memahami Alquran

Bukan hanya Surat Yasin, namun semua surat yang ada dalam Alquran perlu dipelajari bagi semua umat Islam, mulai bacaan Arab, arti, hingga tafsirnya. Hal yang perlu diketahui, membaca Surat Yasin dan terjemahannya bisa menambah ilmu agama dan pemahaman seseorang.

2. Menambah keimanan

Surat Yasin diturunkan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menjawab keraguan orang-orang kafir atas kerasulan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Surat yang berjumlah 83 ayat ini mengisahkan tentang kerasulan Nabi sebagai pengantar wahyu di jalan yang lurus.

Maka itu, membaca Surat Yasin dapat meyakinkan umat Islam bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam adalah utusan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Meningkatkan keberkahan hidup

Membaca surat-surat Alquran akan memberikan pahala yang berlimpah. Jadi seringlah membaca Alquran, meskipun hanya satu ayat. Jika hidup diberkahi Allah Subhanahu wa ta'ala, maka hati akan terasa tenang karena keridhoan Allah Ta'ala yang membuat urusan menjadi lancar.

4. Mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala

Seperti diketahui bahwa surat yang ada dalam Alquran merupakan firman Allah Subhanahu wa ta'ala, jadi melalui surat-surat itu Allah Ta'ala menyampaikan dan menyadarkan kodrat manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya.

Demikian penjelasan mengenai manfaat membaca Surat Yasin bagi orang yang masih hidup. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini