Share

Jakarta Islamic Center Gelar Sholat Jumat di Convention Hall Pasca-Kebakaran, Ini Penampakannya

Yohannes Tobing, Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2022 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 614 2691747 jakarta-islamic-centre-gelar-sholat-jumat-di-convention-hall-pasca-kebakaran-ini-penampakannya-5Y8ufkr1TG.jpg Pihak Jakarta Islamic Center menggelar Sholat Jumat di Convention Hall pasca-kebakaran. (Foto: Yohannes Tobing/MNC Portal)
A A A

PENGELOLA Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) di Koja, Jakarta Utara, tetap menggelar Sholat Jumat pasca-kebakaran pada Rabu 19 Oktober 2022. Berdasarkan pantauan di lokasi, pelaksanaan Sholat Jumat kali ini digelar di Gedung Convention Hall JIC yang sebenarnya tempat pertemuan sekaligus layanan vaksinasi covid-19.

Untuk menuju tempat ini, Kompleks Jakarta Islamic Center memiliki tiga pintu masuk utama yakni pintu utara, pintu selatan, dan pintu VIP yang berada di bagian tengah. Dari ketiga pintu tersebut, hanya pintu selatan yang menjadi akses masuk ke kawasan JIC ini.

Baca juga: Terekam Aksi Berani Warga Selamatkan 2 Alquran Raksasa saat Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center 

Adapun jamaah yang ingin melaksanakan Sholat Jumat terpantau cukup banyak. Hal ini terlihat dari kedatangan anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua yang diperkirakan mencapai ratusan.

Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam JIC Muhammad Subki memastikan seluruh kegiatan atau aktivitas ibadah di JIC tidak akan terganggu setelah terjadinya musibah kebakaran.

Baca juga: Viral Ukiran Ayat Suci Alquran di Masjid Jakarta Islamic Center Selamat dari Kebakaran, Masya Allah! 

Seluruh aktivitas tetap berjalan seperti biasa, meski bagian utama masjid belum bisa digunakan kembali. Sejak sebulan lalu memang tidak ada kegiatan peribadatan maupun kegiatan lain di ruang utama masjid.

"Itu sudah dikosongkan karena memang renovasi, dan sebelum ada kejadian itu kita melaksanakan ibadah dan kegiatan rutin itu di ruang serbaguna di bawah lantai utama masjid di ruang lantai dasar," jelas Subki saat ditemui di JIC, Jumat (21/10/2022).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia menerangkan, kapasitas Convention Hall JIC diperkirakan mampu menampung hingga 2 ribu jamaah. Ibadah sholat berjamaah atau sholat lima waktu di lokasi tersebut juga sudah dilaksanakan sejak Kamis 20 Oktober 2022 atau kemarin.

Bagi masyarakat yang berdatangan untuk Sholat Jumat juga dipastikan aman dan jauh dari lokasi kebakaran, karena tidak akan dapat masuk ke daerah yang terkena musibah.

"Kawasan masjid utamanya itu sudah diberi police line, jadi tidak ada orang boleh masuk, sampai menunggu rekomendasi dari polisi kapan kita boleh pakai lagi baru kita akan ke sana. Selama belum ada rekomendasi, kita enggak berani," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini