Share

Barakallah! Qari Indonesia Kembali Jadi Juara 1 MTQ Internasional, Kali Ini di Kuwait

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2022 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 614 2691902 barakallah-qari-indonesia-kembali-jadi-juara-1-mtq-internasional-kali-ini-di-kuwait-yXODDzOEKa.jpeg Dasrizal M Nainin qari Indonesia juara 1 MTQ internasional di Kuwait. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

DASRIZAL M Nainin qari Indonesia menjadi juara 1 MTQ Internasional di Kuwait. Ini menambah deretan prestasi internasional yang dipersembahkan qari Indonesia.

Dasrizal merupakan utusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumatera Barat. Ia meraih juara 1 MTQ Internasional di Kuwait yang dilaksanakan pada 10–19 Oktober 2022.

Baca juga: Luar Biasa! Hafiz Indonesia Juara 1 MTQ Internasional di Maroko 

"Selamat kepada Ustadz Dasrizal yang meraih Juara 1 MTQ Internasional di Kuwait. Ini kabar gembira melengkapi kegembiraan kita setelah suksesnya MTQ Nasional ke-29 di Kalsel," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Kamis 20 Oktober 2022, dikutip dari Kemenag.go.id.

Dasrizal M Nainin qari Indonesia juara 1 MTQ internasional di Kuwait. (Foto: Kemenag.go.id)

Ia berkomitmen bahwa pihaknya bersama LPTQ akan terus melakukan pembinaan kepada generasi muda agar makin dekat dengan kitab suci Alquran. Upaya pembinaan terus dilakukan di tingkat nasional hingga kabupaten/kota bahkan kecamatan.

"Prestasi di kancah internasional tentu saja mengharumkan nama bangsa. Ini juga menjadi optimisme dan harapan kita semua untuk terus melakukan pembinaan kepada masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Selamat! Jawa Timur Jadi Juara Umum MTQ Nasional 2022 

Dirinya meyakini para qari merupakan influencer di tengah masyarakat. Ia berharap qari mampu menjadi katalisator semangat masyarakat untuk belajar, memahami, dan mengamalkan Alquran.

"Bacaan Alquran dengan suara indah para qari akan melahirkan kecintaan masyarakat untuk belajar Alquran. Seiring berjalannya waktu, masyarakat akan terus mempelajari, memahami, dan mengamalkan ajaran Alquran yang dipenuhi dengan muatan paham moderat serta penyemai kerukunan di tengah masyarakat," ucap Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Al Hadits Kemenag Rijal Ahmad Rangkuty menambahkan, MTQ Internasional Kuwait merupakan salah satu MTQ bergengsi. Ia mengaku bersyukur atas capaian qari Indonesia di ajang tersebut.

"Kita bersyukur dan ini menjadi bukti bahwa generasi kita mampu sejajar bahkan unggul di kancah internasional. Sesuai arahan Ketua Umum LPTQ Nasional, kita akan terus memberikan pembinaan dan kesempatan kepada qari dan hafiz Indonesia untuk berlaga di MTQ Internasional," tutur pria yang hafal 30 Juz Alquran ini.

Sebagai informasi, Dasrizal merupakan Juara 2 Tilawah Dewasa MTQ Nasional ke-28 di Kota Padang, Sumbar. Selain Dasrizal, Kemenag juga mengutus Haris Dwi Putra pada Cabang Hafalan 30 Juz di MTQ Internasional Kuwait.

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Kisah Yogi Bocah Cilik 8 Tahun Mantap Jadi Mualaf, Alasannya Bikin Merinding 

Baca juga: Viral Ukiran Ayat Suci Alquran di Masjid Jakarta Islamic Center Selamat dari Kebakaran, Masya Allah! 

Dasrizal M Nainin qari Indonesia juara 1 MTQ internasional di Kuwait. (Foto: Kemenag.go.id)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini