Share

Heboh Wirda Mansur Sedekah Dapat Mobil Rp1,4 Miliar, Simak Aturan Sedekah Menurut Syariat Islam

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 22 Oktober 2022 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 22 330 2692322 heboh-wirda-mansur-sedekah-dapat-mobil-rp1-4-miliar-simak-aturan-sedekah-menurut-syariat-islam-qIcoctF89s.jpg Heboh Wirda Mansur sedekah dapat balasan mobil Rp1,4 miliar. (Foto: Instagram Wirda Mansur)
A A A

HEBOH viral Wirda Mansur, putri Ustadz Yusuf Mansur, sedekah Rp200 juta lalu mendapat balasan hadiah mobil seharga Rp1,4 miliar. Pengakuan ini pun viral dan bahkan menjadi trending topic di antara netizen.

"Mobilnya harganya Rp1,4 miliar. Jadi gue harus sedekah kurang lebih Rp140 juta, tapi gue sedekah Rp200 juta," ungkap Wirda Mansur dalam tayangan di kanal YouTube Millennial Anti Bokek Official.

Di luar dari viral sedekah Wirda Mansur tersebut, kaum Muslimin wajib mengetahui aturan sedekah sesuai syariat Islam. Simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Viral Kakek Penjual Sayur Rajin Sedekah di Masjid, Netizen: Orang Kaya Sesungguhnya 

Heboh Wirda Mansur sedekah dapat balasan mobil Rp1,4 miliar. (Foto: YouTube Millennial Anti Bokek Official)

Baca juga: Viral Penjual Roti Pikul Sedekah ke Kakek Bertongkat, Netizen: Semoga Melimpah Rezekinya 

Dikutip dari laman Rumaysho, dijelaskan bahwa bersedekah jangan sampai menimbulkan sifat tidak ikhlas, riya, atau sum'ah. Ini bisa menjadi kesalahan dan membuat sedekah tidak diterima Allah Subhanahu wa ta'ala.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang bahaya riya' (ingin dipuji) bahwasanya amalan pelaku riya' tidaklah dipedulikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Dalam hadits qudsi disebutkan:

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنِ الشِّرْكِ مَنْ عَمِلَ عَمَلاً أَشْرَكَ فِيهِ مَعِى غَيْرِى تَرَكْتُهُ وَشِرْكَهُ

"Allah Tabaroka wa Ta’ala berfirman: Aku sama sekali tidak butuh pada sekutu dalam perbuatan syirik. Barang siapa yang menyekutukan-Ku dengan selain-Ku, maka Aku akan meninggalkannya (artinya: tidak menerima amalannya, pen) dan perbuatan syiriknya." (HR Muslim nomor 2985)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian setelah sedekah jangan sampai berniat mendapatkan ganti di dunia. Ini juga bisa membuat sedekah tersebut tidak diterima Allah Azza wa Jalla.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ (15) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآَخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (16

"Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan." (QS Hud: 15–16)

Dalam ayat lain disebutkan:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الآخِرَةِ نزدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ وَمَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ نَصِيبٍ

"Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat." (QS Asy-Syuraa: 20)

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini