Share

8 Makanan Khas Brunei Darussalam Wajib Nyicip, Kue Tapak Kuda hingga Ketan Bakar

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 301 2713941 8-makanan-khas-brunei-darussalam-wajib-nyicip-kue-tapak-kuda-hingga-ketan-bakar-8y2A8xtiUK.JPG Ketan Bakar, kuliner khas Brunei Darussalam mirip lemper (Foto: Cookpad/Marsella Suhna)

8 MAKANAN khas Brunei Darussalam yang wajib Anda coba akan dibahas pada artikel ini. Lokasi Brunei Darussalam tak jauh dari Indonesia dan Malaysia, bahkan masih dalam satu pulau dengan Kalimantan.

Tak heran jika makanan khas negara ini sedikit banyak diperngaruhi oleh makanan khas Indonesia, Malaysia, dan negara-negara Asia lainnya. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi kelezatan makanan khas Brunei Darussalam.

Bagi Anda yang akan bertandang ke negara tersebut, berikut rekomendasi 8 makanan khas Brunei Darussalam yang tak ada salahnya Anca jajal.

Hati Buyah

Makanan pertama yang wajib Anda coba adalah hati buyah. Makanan yang satu ini terbuat dari paru-paru sapi yang digoreng dan sering diasinkan. Hati buyah biasanya disajikan dengan kudapan lain, seperti mee kuning, mee hoon, atau kahwin.

Tapak Kuda

Kue lezat ini dinamai tapak kuda karena bentuknya memang mirip dengan tapak kaki kuda. Biasanya tapak kuda banyak dijumpai saat Hari Raya Idul Fitri.

Tapak kuda sendiri sebenarnya merupakan kue bolu yang diisi dengan selai cokelat, sehingga rasanya dominan manis.

Kue Tapak Kuda

(Foto: dapurkaknoor.blogspot.com)

Nasi Ketan Bakar

Nasi ketan bakar merupakan salah satu camilan tradisional Brunei Darussalam yang terbuat dari pulut atau beras ketan yang didalamnya diberi isian sambal pedas dan dibungkus daun pisang. Nasi ketan bakar lalu ddipanggang hingga matang. Camilan ini mudah ditemui di berbagai macam tempat disana.

Kue Mor

Kue Mor sekilas mirip dengan kue putri salju yang biasanya muncul saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Meski mirip, kue mor memiliki rasa yang berbeda. Perbedaan tersebut tentunya karena bahan yang digunakan pun berbeda.

Bahan untuk membuat kue mor salah satunya adalah kacang halus. Saat ini juga banyak kue mor yang dibuat dari biskuit yang dihaluskan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ambuyat

Kudapan yang satu ini merupakan makanan nasional masyarakat Brunei Darussalam. Ambuyat terbuat dari sagu yang cara makannya dicelupkan ke kuah cacah.

Sekilas memang mirip papeda, makanan khas Indonesia Timur. Ambuyat biasanya disajikan dengan ikan goreng, sayuran, hati buyag, dan lain-lain.

Nasi Katok

Nasi katok merupakana makanan yang cukup sederhana. Dalam seporsi nasi katok Anda akan mendapatkan nasi, ayam goreng, dan sambal. Harga nasi katok pun tak mahal, yakni sekitar BND 1 atau Rp11 ribuan saja.

Nasi Katok

(Foto: Instagram/@nasikatokrb)

ABC (Ais Batu Campur)

Ais Batu Campur atau ABC ini merupakan es serut yang diberi berbagai macam topping, seperti kacang merah, cincau, jagung, mutiara sagu, dan ditutup dengan sirup manis di atasnya.

Kue Cincin

Kue cincin terbuat dari gula aren dan gula merah yang dilelehkan lalu dilapisi dengan tepung beras. Setelah itu kue cincin akan digoreng hingga matang. Camilan yang satu ini tentu wajib Anda coba.

Nah, itulah Rekomendasi 8 Makanan khas Brunei Darussalam yang Wajib Dicoba.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini