Share

Viral Kisah Pengusaha Sukses Bangkrut, Utangnya Miliaran Kini Harus Jualan Sosis Panggang

Adinda Fahrani, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 612 2714217 viral-kisah-pengusaha-sukses-bangkrut-utangnya-miliaran-kini-harus-jualan-sosis-panggang-VVKpiLlpza.jpg Viral Miliarder Bangkrut Kini Jual Sosis. (Foto: Youtube)
A A A

RODA kehidupan memang terus berputar, tidak selamanya kehidupan seseorang akan mengalami sukses secara terus menerus. Bisa jadi suatu saat kita menjadi boss, tapi di suatu titik terendah bisa menjadi bawahan.

Seperti kisah viral yang menerpa mantan pengusaha sukses di China. Setelah bangkrut dan terlilit utang, dia harus membanting stir untuk membayar utangnya sebesar 46 juta yuan atau sekira Rp10 miliar.

Seperti dilansir dari laman Oddity Central, pria bernama Tang Jian merupakan seorang pemilik restoran di kota Hangzhou, China. Dia pun sempat disebut sebagai salah satu pengusaha paling sukses di seluruh Provinsi Zhejiang.

Bagaimana tidak, pasalnya pada usia 36 tahun dia sudah memiliki jaringan restoran dan mengumpulkan kekayaan yang patut ditiru sebagai jajaran pengusaha restoran papan atas. Sayangnya dia mengambil keputusan yang salah pada tahun 2005.

Miliarder Bangkrut

Saat itu, Tang memutuskan untuk menginvestasikan sebagian besar uangnya ke dalam industri engineering yang benar-benar baru. Mulai dari situ, semakin banyak dia berinvestasi dia malah semakin merugi.

Tang Jian bukannya tidak diperingati, hanya saja dia tidak mau mendengarkan siapapun yang mengatakan investasi itu akan berakibat kerugian besar. Meskipun proyek itu mengeluarkan banyak uang, dia terus menuangkan investasi ke dalamnya, dan ketika dia akhirnya menyadari kesalahannya, semuanya sudah terlambat.

Bahkan setelah menjual semua restoran, rumah, dan mobilnya, Tang masih berhutang 46 juta yuan dan tidak punya pilihan selain menyatakan bangkrut. Tetapi alih-alih menyerah di bawah tekanan karena harus membayar semua uang itu, dia memutuskan untuk kembali ke akarnya dan mulai menjual makanan berkualitas.

Sekarang di usia 52 tahun, mantan miliarder itu menjual sosis panggang di jalan. Dia tidak punya uang untuk membuka restoran baru, jadi dia menetap di warung kaki lima yang dioperasikan sendiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tang Jian menjual sosis bakar dan yakin bahwa usaha sederhana itu akan membantunya melunasi utangnya. Kisah ini telah menarik perhatian orang-orang China pada umumnya yang menghargai ketangguhan dan pandangan hidupnya yang positif.

“Kita dilahirkan tanpa apa-apa. Mengapa takut memulai dari awal lagi?” Tang bertanya secara retoris dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

“Kita harus terus belajar menghadapi kesulitan dengan tenang dan melangkah maju dengan keberanian,” tambahnya.

Menurutnya, masing-masing orang harus menjalani kehidupan yang menantang dan menghadapi banyak kesulitan. "Tetapi kita harus tetap berpegang pada semangat pantang menyerah,” tambah pengusaha berusia 52 tahun itu.

Kisah Tang Jian dan video tentang dia mengoperasikan kios sosisnya di sebuah jalan di Zhejiang menjadi viral awal bulan ini, menginspirasi banyak orang untuk menemukan kekuatan dalam menghadapi kesulitan. Lagi pula, jika seorang mantan miliarder yang berutang USD6,4 juta dapat memiliki sikap positif, tentunya mereka juga bisa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini