Share

Ini 10 Negara Dengan Gaji Guru Terendah di Dunia

Rina Anggraeni, Okezone · Jum'at 25 November 2022 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 624 2714094 judul-ini-10-negara-dengan-gaji-guru-terendah-di-dunia-eSWCMgJwMN.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Ini 10 negara dengan gaji guru terendah di dunia menarik diulas.Gaji guru bervariasi dari satu negara ke negara lain tergantung pada undang-undang gaji dan remunerasi negara tersebut, tingkat pengalaman, dan tingkat pengajaran, di antara faktor-faktor lainnya.

Pada dasarnya, tenaga pendidik atau guru merupakan garda terdepan bangsa dalam proses pembelajaran yang bertujuan menjadikan para pelajar sebagai sumber daya manusia yang cerdas, unggul dan maju di masa depan. Namun, di sisi lain justru kesejahteraan para guru masih sebatas wacana tanpa fakta. Gaji yang tidak mencukupi kebutuhan, status honorer yang tidak kunjung mendapat kepastian hingga kesenjangan antara guru yang mendapat tunjangan dengan guru honorer yang bergaji rendah.

Berikut 10 negara dengan gaji guru terendah di dunia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pakistan

Negara pastikan menjadi negara yang tidak menghargai kesejahteraan para gurunya.

Negara ini hanya memberikan gaji 22 juta selama satu tahun. Pembayaran ini masih belum cukup untuk mencukupi berbagai macam keperluan sehari-hari terlebih bila guru tersebut sudah berkeluarga.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Indonesia

Ini tentu menjadi salah satu fakta yang kurang menyenangkan bagi kita, dimana Indonesia berada pada urutan nomor dua untuk urusan rata rata gaji guru terendah didunia. Tentu kita berharap bahwa semakin tahun gaji dsri seorang guru akan terus mengalami sebuah kenaikan, sejahteranya para guru jelas akan sedikit meringankan beban mereka hingga bisa fokus dalam mengajar peserta didik.

3. India

Masih dinegara Asia, berikutnya ada negara India dengan rata rata gaji 42 juta pertahun bagi guru nya.Salah satu negara berkembang seperti Indonesia tidak heran bila rata rata gaji seorang guru masih tergolong kecil.

4. Malaysia

Rata- rata guru disana akan mendapatkan 40 ribu ringgit Malaysia atau setara dengan 137 juta pertahun. Angka yang sudah tergolong lumayan bagi guru, terlebih Malaysia njuga merupakan salah satu negara berkembang dikawasan asia.

5. Hongaria

Gaji guru mereka 207 juta untuk rata rata pertahunnya. Negara Eropa memang sudah banyak dikenal luas memiki sistem pendidikan yang baik serta kesejahteraan guru yang baik pula. Kita tentu berharap negara Asean khususnya Indonesia bisa secepat mungki mengejar ketertinggalan tersebut.

6. Brazil

Guru dinegara Brazil rata Rata diberikan gaji sebesar 209 juta setiap tahunnya. Negara dari tetangga Chili ini terus melakukan berbagai inovasi guna meningkatkan sistem pendidikan dsn kesejahteraan bagi para guru.

7. Chili

Tetangga dari negara Brazil ini menduduki posisi ketujuh sebagai negara terendah rata rata pendapatan gaji guru didunia selama setahun. Negara yang dipimpin oleh presiden Sebastian pinera ini memberikan upah atau gaji kepada setiap guru dengan rata rata 231 juta pertahunnya.

8. Turki

Negara Turki memberikan rata rata gaji kepada gurunya sebesar 242 juta per tahun. Sebuah angka yang tergolong sudah besar ya, tentu bila suatu saat Indonesia bisa seperti ini pastinya akan menjadi kabar menyenangkan bagi para guru diindonesia.

9. Gaji Guru Republik Ceko

Rata rata gaji seorang guru 262 juta tiap tahunnya. Negara yang satu ini berasal dsri benua Eropa, tidak heran memang bila negara Eropa saat ini memiliki pendidikan dsn kesejahteraan yang baik bagi guru gurunya.

10. Israel

Negara yang saat ini dipimpin oleh Benjamin Netanyahu ini memiliki rata rata gaji guru yang terbilang sangat tinggi, yaitu 275 juta setiap tahunnya. Angka tersebut jelas besar sekali, berkali kali lipat dsri negara yang ada diasia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini