Share
Advertisement

Tips Anti Kalap Menggunakan Paylater untuk Liburan Akhir Tahun

Karina Asta Widara , Jurnalis-Jum'at 25 November 2022 18:52 WIB
Foto: dok Kredivo
Foto: dok Kredivo
A
A
A

JAKARTA- Kini paylater sudah menjadi metode pembayaran favorit bagi banyak orang. Sebagai e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia juga menyediakan metode pembayaran paylater, karena praktis dan cara mengaktifkan Tokopedia paylater yang sangat mudah.

Kredivo contohnya, sebagai salah satu fintech yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia, cara mengaktifkan Kredivo sebagai pembayaran Tokopedia paylater, hanya butuh hitungan menit, apabila Anda sudah memenuhi seluruh syarat pendaftaran Kredivo.

Nah, karena kemudahan ini, tidak sedikit orang menjadi kalap menggunakan paylater. Apalagi musim liburan seperti sekarang. Oleh karenanya, berikut ada beberapa tips supaya Anda tetap bijak menggunakan paylater saat musim liburan seperti sekarang.

Cek Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat kondisi keuangan. Meskipun Anda sudah menggunakan paylater untuk keperluan liburan akhir tahun, bisa-bisa keuangan Anda bisa kacau balau jika tidak mengetahui kemampuan bayar Anda.

Oleh karena itu, cek kondisi keuangan Anda terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mengetahui kapasitas diri. Apakah ada kebutuhan lain yang lebih mendesak yang harus didahului?

Apabila tidak ada kebutuhan mendesak dan sudah bulat ingin paylater untuk kebutuhan liburan akhir tahun Anda, Anda harus tahu berapa besar cicilan yang Anda mampu bayar di bulan berikutnya.

Dahulukan Dana Darurat dan Tabungan

Setelah itu, dana darurat dan tabungan. Apakah Anda memiliki dana darurat, serta tabungan yang cukup untuk tahun depan? Jika belum, coba pertimbangkan lagi rencana Anda. Daripada liburan malah nambah beban pikiran dan beban keuangan, lebih baik utamakan tabungan dan dana darurat lebih dulu.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa memilih destinasi liburan yang murah dan nggak harus pakai tiket pesawat. Misalnya staycation di hotel yang ada diskon, atau jalan-jalan malam kulineran sambil road trip bersama keluarga atau teman.

Bujet Berwisata

Jika semuanya sudah aman. Selanjutnya pikirkan bujet wisata Anda sesuai dengan kemampuan. Mulai dari tiket pesawat, kereta, hotel, sampai biaya bensin kalau pakai mobil pribadi.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memikirkan berapa biaya yang diperlukan untuk jajan, masuk tempat wisata, dan biaya-biaya refreshing lainnya selama liburan. Mungkin, untuk akomodasinya bisa dicicil pakai paylater, tapi biaya lain-lain seperti makan, atau masuk tempat wisata, tentu Anda perlu punya persiapan bujet khusus.

Setelah mengecek harga akomodasi, pastikan juga Anda membandingkan harga di satu web ke web lain supaya dapat harga terbaik atau termurah. Dengan begitu, cicilan Anda akan jadi lebih ringan.

Manfaatkan Promo Akhir Tahun

Nah, ini juga tidak kalah penting, karena pasti ada saja promo menarik yang disediakan paylater pada akhir tahun. Seperti Kredivo, yang memberikan promo Kesamber pada Harbolnas 12.12 nanti. Kredivo memberikan promo cicilan 0% untuk tenor 6 bulan, dan gratis 1 bulan cicilan untuk tenor 12 bulan.

Tidak hanya di Tokopedia saja, Kredivo juga #Sefleksibelitu, karena sudah bekerja sama dengan top e-commerce seperti BliBli, Lazada, Bukalapak dan JD.id, serta online travel agent seperti Tiket.com, Pegipegi.com, Panorama Tours, Garuda Indonesia, sampai Citilink.

Ini artinya, kalau Anda menggunakan promo dari Kredivo, akomodasi liburan Anda, akan menjadi lebih hemat, dan praktis!

Menggunakan layanan cicilan dari paylater bisa sangat menguntungkan bila Anda bijak dan memperhitungkan dengan baik keuangan Anda. Namun, jika Anda tidak memperhitungkan keuangan, bisa-bisa Anda terjebak pada layanan cicilan yang salah, dan sangat merugikan Anda di kemudian hari.

Selalu bijak dalam berutang, ya!

(Wid)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement