Share

Intip Pesona Pantai Menganti Kebumen, View-nya Cantik Mirip Selandia Baru

Nur Afifah, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 408 2714495 intip-pesona-pantai-menganti-kebumen-view-nya-cantik-mirip-selandia-baru-uEYKXbnAif.JPG Pantai Menganti di Kebumen, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@ulfahikahidayati)

BANYAK pantai di Indonesia dengan pesona mengagumkan. Salah satunya yang menuai decak kagum ialah Pantai Menganti di Kebumen, Jawa Tengah. Bahkan, saking indahnya, pantai dijuluki sebagai New Zealand-nya Indonesia.

View yang disuguhkan pantai eksotis di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini memang bukan kaleng-kaleng. Sebab, sangat mirip dengan pesona pantai di Selandia Baru.

Pantai Menganti cantik dengan pasir putih berpadu hamparan laut biru Samudera Hindia, batu karang dan dibentengi bukit hijau.

Nama Menganti diyakini berasal dari kata 'Menanti'. Konon dulu ada panglima perang Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan ini karena hubungan asmara dengan kekasihnya tak direstui raja.

Infografis Pantai di Tulungagung

Pantai Menganti berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong, bisa ditempuh dalam waktu satu jam. Rute paling cepat menuju Pantai Menganti dari Gombong melalui Kecamatan Ayah. Perjalanan kemudian diteruskan melewati Jalan Pantai Menganti.

Setelah sampai di tempat parkir, Anda harus menaiki beberapa anak tangga untuk sampai ke tepi pantainya. Di timur pantai bisa dilihat panorama Tanjung Karangbata. Letaknya menjorok ke lautan, mirip yang ada di Uluwatu dan Nusa Penida.

Kawasan pantai pasir di Menganti berada di sisi barat. Kawasan ini merupakan pantai nelayan. Ketika siang hari, banyak perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Di pantai nelayan, terdapat banyak warung makan dan kamar mandi yang disediakan untuk pengunjung.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di sekitar tanjung berserakan bebatuan yang disebut merupakan sisa letusan gunung api purba. Para pengunjung biasanya mengabadikan keindahan pantai menganti dari atas tebing keteb widadari.

Dari atas tebing tersebut, terlihat pemandangan pesisir dilengkapi perbukitan hijau dengan pasir putih dan air yang jernih.

Pengunjung bisa menjelajahi kawasan bukit yang berada di timur-selatan Pantai Menganti. Untuk pergi ke sana, tersedia tumpangan pikap gratis.

Bukit tersebut berada di Tanjung Karangbata dan sering disebut sebagai Bukit Gazebo. Gazebo dapat dipakai beristirahat oleh pengunjung sembari menikmati panorama laut yang berpadu dengan hijaunya pegunungan. Untuk bisa beristirahat di pondokan, pengunjung tidak perlu membayar.

Infografis Pantai Indrayanti

Di sana juga terdapat Lembah Menguneng yang menjadi area outbond di atas ketinggian, mulai dari sepeda gantung sampai balon udara.

Tersedia pula beberapa spot foto yang sudah dibangun, salah satunya yakni jembatan merah. Sesuai dengan deskripsi, jembatan tersebut berwarna merah dan berdiri di atas batu karang.

Pengunjung yang senang berkemah pun bisa melakukannya di kawasan perbukitan Tanjung Karangbata. Jika berkemah di sini, maka kamu akan menikmati keindahan sunrise.

Panorama yang bisa disaksikan dari Tanjung Karangbata memang sangat spektakuler. Tebing yang menjulang tinggi dan memanjang di tepi laut membuat kamu merasa bak di Selandia Baru.

Menikmati panorama itu tak harus di gazebo ya. Dengan hanya duduk diatas rerumputan sambil menikmati angin pantai saja sudah sangat menyenangkan. Ada juga Puncak Mercusuar yang menjadi spot populer wisatawan untuk menikmati sunset maupun sunrise sambil melihat pemandangan Pantai Menganti dari atas. Ajb banget kan Okezoners!

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini