Share

Walaupun Bergizi, Hindari 4 Makanan dan Minuman Ini selama Menyusui!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 22:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (foto: istimewa)

SELAMA fase menyusui, ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Oleh karena itu penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Pada dasarnya, hampir semua makanan bergizi bagus untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Namun ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari meskipun tergolong kategori makanan bergizi.

 makanan yang perlu dihindari selama menyusui

Dikutip dari NHS, berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui karena dikhawatirkan masuk ke dalam ASI.

1. Kafein

Bukan hanya teh dan kopi saja yang mengandung kafein, tapi ada di coklat dan berbagai minuman berenergi serta minuman bersoda. Lebih baik untuk tidak mengonsumsi kafein saat menyusui karena merupakan stimulan yang dapat membuat bayi gelisah.

2. Alkohol

Jelas, lebih aman untuk tidak minum alkohol saat menyusui. Kandungannya dapat meresap dalam ASI dan kemudian dikonsumsi oleh bayi.

3. Ikan

Pada dasarnya ikan bagus untuk tubuh karena kandungan omega 3. Namun ikan laut cenderung mengandung merkuri yang berbahaya untuk ASI.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Susu sapi

Salah satu alergi makanan anak yang paling umum adalah alergi susu sapi. Meskipun lebih umum saat susu formula bayi pertama kali diperkenalkan atau saat bayi mulai makan makanan padat, namun tak jarang terjadi saat menyusui.

Beberapa bayi tidak toleran laktosa. Jika Anda mengonsumsi susu sapi akan membuatnya tak enak lambung. Ciri-cirinya diare, muntah, sakit perut, dan buang-buang angin.

1
2