Share

Suka Keramas di Malam Hari? Waspada Ancaman Jamur di Kulit Kepala!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 23:15 WIB
$detail['images_title']
keramas di malam hari, (Foto: Freepik)

SEBAGIAN orang lebih menyukai mencuci rambut atau keramas di malam hari, setelah seharian beraktivitas dan menjelang tidur.

Perasaan bersih, nyaman, segar serta ringan dengan rambut yang bersih saat menjelang tidur, jadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang memilih untuk keramas di malam hari daripada di pagi hari.

Well, dari segi kesehatan untuk rambut sebetulnya apakah kebiasaan ini berdampak negatif? Sayangnya, jawabannya adalah iya. Dijelaskan Sally-Ann Travers, konsultan trichologist di The Cotswold Trichology Center & Theradome, kebiasaan keramas di malam hari bisa, tidur dengan rambut yang masih basah bisa mendatangkan masalah untuk kutikula rambut.

“Masalah utama tidur dengan rambut basah adalah kutikula (lapisan luar) rambut jadi lebih terangkat saat basah,” jelas Sally-Ann, sebagaimana dikutip dari Elle India, Jumat (25/11/2022).

Tidak hanya itu, keramas di malam hari juga diungkap Sally memicu rambut jadi kusut saat terbangun di pagi hari.

“Tidur dengan rambut basah bisa membuatnya lebih kusut, terutama jika Anda banyak bergerak saat tidur, pagi hari sulit untuk menyisirnya,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dampak buruknya tidak berakhir di situ saja, Sally menjelaskan lebih lanjut bahwa tidur dengan rambut lembap bisa menyebabkan jamur tumbuh di kulit kepala.

Sebab, jamur menyukai kondisi hangat yang lembap untuk tumbuh, dan tidur secara konsisten dengan rambut basah karena keramas di malam hari tersebut bisa berkontribusi pada pertumbuhan berlebih pada jamur di kulit kepala. Akhirnya semua faktor ini berpotensi menyebabkan masalah kulit kepala atau ketombe bahkan masalah pada pernapasan.

“Spora juga dapat berkembang di bantal Anda karena kondisi lembab yang sama, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, rinitis, dan alergi, ” jelas Sally lagi.

Kuncinya, jika Anda tetap tak bisa menghilangkan kebiasaan untuk keramas di malam hari, Anda bisa menghindari kerusakan rambut dan jamur yang membahayakan tersebut dengan mengeringkan rambut dengan sempurna sebelum tidur.

Selain itu, setelah rambut kering disarankan juga untuk mengikat rambut menjadi kepangan longgar.

1
2