Share

7 Ciri Penyakit Maag yang Perlu Diketahui, Apa Kamu Merasakan?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 19:49 WIB
$detail['images_title']
Sakit maag kumat (Foto: Piedmont healthcare)

PENYAKIT maag merupakan penyakit yang sering menjangkiti masyarakat. Saat maag kumat rasanya perut perih dan nyeri sekali.

Maag atau Dispepsia fungsional memang sering terjadi dan sebaiknya tak dianggap remeh, sebab bisa berlangsung lama, walau tanda dan gejala sebagian besar bersifat intermiten (berselang).

 sakit maag

Maag sendiri diartikan sebagai rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung. Rasa nyeri dan tak nyaman ini, diakibatkan dari berbagai kondisi. Maag disebutkan bukan termasuk penyakit, melainkan gejala dari penyakit.

Meski relatif mudah disembuhkan, tapi maag juga bisa berkelanjutan jadi kondisi yang parah. Maka dari itu, ciri-cirinya sakit maag harus diketahui, sehingga jika mengalaminya bisa langsung tersadar dan ditangani dengan cepat serta tepat.

 BACA JUGA:Perut Melilit, Ini 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Atasi Maag Kambuh

Ciri-ciri maag yang perlu diketahui tersebut, seperti dilansir dari Mayo Clinic,

1. Cepat merasa kenyang saat makan dan rasa kenyang berkepanjangan usai makan

2. Ada rasa sakit atau terbakar di perut

3. Kembung di perut bagian atas dan sendawa berlebihan, atau mual setelah makan

4. Nyeri di perut, yang terkadang terjadi tidak berhubungan dengan makan atau bisa berkurang (rasa nyerinya) dengan makan

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Nyeri pada ulu hati dan nyeri di tengah dada, biasanya muncul saat atau setelah makan

6. Rasa panas pada perut bagian atas

7. Rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan. Kondisi ini bisa bertambah parah, jika dipicu oleh stres.

1
2