Share
Advertisement

Foto Sisi Bulan yang Tak Pernah Terlihat dari Bumi Berhasil Diabadikan, Penampakannya Menakjubkan

Angeltika Clara Sinaga , Jurnalis-Jum'at 25 November 2022 17:40 WIB
Foto sisi Bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi berhasil diabadikan (Foto: NASA)
Foto sisi Bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi berhasil diabadikan (Foto: NASA)
A
A
A

JAKARTA - Pesawat Orion milik NASA mengambil foto Bulan ketika melintas di jarak terdekat. Gambar tersebut, diambil saat pesawat hanya 130 kilometer di atas permukaan Bulan, pada Senin (21/11/2022).

Dilansir dari New Scientist, Jumat (25/11/2022), Orion diluncurkan menuju Bulan di atas roket Space Launch System (SLS) pada 16 November. Penerbangan ini disebut sebagai misi Artemis I, di mana akan membawa Orion ke orbit untuk mengelilingi Bulan.

Orion akan tetap berada di orbit Bulan selama sekitar satu pekan sebelum memulai perjalannya kembali ke Bumi. Pesawat ruang angkasa itu dijadwalkan mendarat di Samudera Atlantik, di lepas pantai California pada 11 Desember mendatang.

Selama terbang melintas, Orion melewati sisi belakang Bulan sehingga membuatnya kehilangan kontak sekejap dengan operator awak pesawat untuk memungkinkan mengambil sisi terjauh dari Bulan yang tidak pernah terlihat dari Bumi.

Orion tengah sibuk mengambil gambar Bumi dan Bulan pada fase dan jarak yang berbeda untuk menguji keefektifan kamera navigasi optiknya dalam kondisi pencahayaan yang berbeda, sebagai cara untuk membantu orientasi pesawat ruang angkasa selama misi berawak di masa depan.

“Misi terus berjalan seperti yang telah kami rencanakan, dan sistem darat, tim operasi kami, serta pesawat ruang angkasa Orion terus melampaui harapan,” kata Mike Serafin, manajer misi Artemis I.

Saat ini, kapsul Orion akan terbang lebih tinggi di sekitar Bulan, bersiap untuk memasuki orbit Retrograde pada Jumat, (25/11/2022). Orbit terakhir akan berjarak sekitar 92.000 kilometer dari permukaan Bulan, dan kapsul kemungkinan menggunakan pembakaran mesin lebih sedikit dibanding selama 6 hari misi berjalan.

Tepat setelah memasuki orbit Bulan, diperkirakan misi ini akan melampaui rekor jarak terjauh yang ditempuh dari Bumi oleh pesawat ruang angkasa. Sebelumnya, rekor tersebut dicapai oleh Apolllo 13 pada jarak sekitar 400.000 kilometer di tahun 1970.

Jika semua berjalan dengan lancar, penerbangan uji bersama kapsul Orion ini akan membantu misi program Artemis di masa mendatang, di mana dapat membawa manusia mengelilingi Bulan pada tahun 2024 dalam misi Artemis II.

Sekitar satu atau dua tahun kemudian, dalam misi Artemis III kapsul tersebut akan mendaratkan kembali astronot di dekat kutub selatan Bulan, untuk pertama kalinya lagi sejak Apollo 17 pada tahun 1972.

(amj)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement