Share

Viral Atlet Muslim Khabib Nurmagomedov Ungkap Bahaya Riba: Bisa Membunuh Semua, Kota, Negara

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 614 2714751 viral-atlet-muslim-khabib-nurmagomedov-ungkap-bahaya-riba-bisa-membunuh-semua-kota-negara-7zfHuPq6VV.jpg Atlet Muslim Khabib Nurmagomedov ungkap bahaya riba. (Foto: Instagram @khabib_nurmagomedov)
A A A

VIRAL atlet Muslim asal Rusia Khabib Nurmagomedov mengungkap bahaya riba yang kini banyak di tengah masyarakat. Legenda UFC ini pun menegaskan dirinya sangat menghindari riba.

Khabib Nurmagomedov mengatakan tidak seorang Muslim pun yang menyangkal haramnya hukum riba. Teks Alquran begitu jelas menyatakan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala mengharamkan riba.

BACA JUGA:Tobat dari Riba, Pengusaha Asal Yogyakarta Ini Mampu Lunasi Utang Besar dan Tambah Sukses 

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Alquran:

وَحَرَّمَ الرِّبَا

"Dan Allah telah mengharamkan riba." (QS Al Baqarah: 275)

Dalil dari As-Sunnah:

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan dengan riba, juru tulis transaksi riba, dan dua orang saksinya. Kedudukan mereka itu semuanya sama." (HR Muslim nomor 2995)

BACA JUGA:Kisah Hijrah Pengusaha Untung Putro Bebas dari Riba dan Utang Miliaran Gara-Gara Dulu Punya 12 Kartu Kredit 

Khabib melanjutkan, bahaya riba yang sangat besar ternyata tidak hanya mengancam kehidupan akhirat seorang Muslim. Dosa riba secara nyata juga dapat berdampak buruk terhadap kehidupan pribadi maupun masyarakat.

Khabib mengungkapkan, bagi seorang pribadi, riba merupakan cerminan buruknya akhlak karena pelaku riba identik dengan sifat kikir, dada yang sempit, berhati keras, menyembah harta, tamak akan kemewahan dunia, dan sifat-sifat hina lainnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, riba dapat melunturkan sifat belas kasih dan rasa simpati yang dimiliki orang seseorang. Buruknya akhlak seseorang tentu memiliki dampak buruk terutama berkaitan dengan hubungannya dengan orang lain.

Menurut Khabib, bunga riba salah satu dosa terbesar. Allah Azza wa Jalla menyebutkan dalam ayat suci Alquran.

"Saya muslim, Anda tahu, dan orang-orang meremahkan ini riba bisa membunuh. Bukan pasangan orang, mereka bisa membunuh semua, kota, negara, dan saya mencoba untuk menjauh dari ini," ucap Khabib Nurmagomedov, seperti dikutip dari unggahan akun Instagram @sahabatsurga, Jumat (25/11/2022). 

Atlet Muslim Khabib Nurmagomedov. (Foto: Instagram @khabib_nurmagomedov)

Dia mengatakan, pikiran manusia jika meribakan uangnya maka akan mendapat tambahan, namun Allah Subhanahu wa ta'ala mengatakan akan menghancurkannya.

Pikiran manusia, imbuh Khabib Nurmagomedov, jika menyedekahkan hartanya maka akan membuat berkurang, akan tetapi Allah Ta'ala mengatakan akan menyuburkan sedekah.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini