Share

Bacaan Tahlil untuk Orang yang Mengalami Musibah Gempa

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Jum'at 25 November 2022 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 618 2714553 bacaan-tahlil-untuk-orang-yang-mengalami-musibah-gempa-mCOXN0UAha.jpg Ilustrasi tahlil untuk orang yang mengalami musibah gempa. (Foto: MNC Portal)
A A A

BEBERAPA waktu lalu daerah Cianjur di Jawa Barat mengalami musibah gempa. Peristiwa ini menimbulkan ratusan korban jiwa dan luka-luka, serta hancurnya rumah-rumah dan bagunan lainnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 61.908 orang mengungsi akibat gempa Cianjur per Rabu 23 11 November 2022. Selain itu dilaporkan korban luka-luka sebanyak 2.043 orang.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Jumat Berkah 25 November 2022M/1 Jumadil Awal 1444H 

Sedangkan untuk korban meninggal dunia sebanyak 271 orang dan korban hilang sebanyak 40 orang. Tapi, data tersebut masih akan terus diperbarui.

Tidak hanya itu, kerugian meteriil rumah rusak dilaporkan sebanyak 56.320 unit. Rinciannya sebanyak 22.090 rumah rusak ringan, 11.641 rusak sedang, dan 22.241 rusak berat.

Musibah yang datang tersebut mengingatkan kepada setiap Muslim untuk senantiasa beristigfar kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Tidak ada yang tahu kapan datangnya musibah dan kepada siapa saja musibah itu bisa terjadi, karena sepenuhnya kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala. Apabila musibah atau ujian telah dialami, tentu ada hikmah dan kebaikan di baliknya.

Menurut Wakil Katib PWNU Jawa Tengah KH Nasrullah Afandi, penting untuk selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala guna mencegah dari malapetakan atau musibah.

Selain istigfar, zikir, sholat, dan kalimat-kalimat Allah lainnya bisa mengingatkan akan ujian-Nya. Tujuannya agar senantiasa dilindungi Allah Subhanahu wa ta'ala.

BACA JUGA:20 Ucapan Selamat Hari Guru Islami, Penuh Doa Kebaikan 

Dianjurkan juga membaca doa keselamatan berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu." (HR Muslim nomor 2739) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, bisa menyertai doa atau tahlil ini agar bisa tetap tabah saat menghadapi musibah. Dia ini juga bisa menjadi tahlil untuk orang yang mengalami musibah.

Dalam riwayat dari Ibnu Umar, dari bapaknya Umar Radhiyallahu anhuma berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ رَأَى صَاحِبَ بَلاَءٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً إِلاَّ عُوفِىَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلاَءِ كَائِنًا مَا كَانَ مَا عَاشَ

"Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan:

'Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa'

(Artinya: 'Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya')

Apabila kalimat tersebut diucapkan, maka dia akan selamat dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa ia hidup." (HR Tirmidzi nomor 3431, Ibnu Majah: 3892)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini