Share

Macam-Macam Sumber Energi Beserta Contohnya Lengkap

Fatmawati, Okezone · Jum'at 25 November 2022 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 624 2714625 macam-macam-sumber-energi-beserta-contohnya-lengkap-GBM4fGOrxM.jpg Ilustrasi/Okezone

JAKARTA - Sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi, baik melalui proses konversi atau transformasi.

Sumber energi dikelompokan menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber Energi yang Dapat Diperbarui

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis jika digunakan terus-menerus.

Sumber energi ini juga dapat digunakan sebagai alternatif, yaitu dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar konvensional tanpa ada akibat yang ditimbulkan.

Berikut adalah contoh yang energi dapat diperbarui:

Energi Matahari

Sumber energi yang berasal dari energi matahari ini menjadi sumber energ yang paling melimpah khususnya pada wilayah beriklim tropis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemanfaatannya dilakukan dengan penggunaan sel surya yang memiliki fungsi dapat mengubah energi surya menjadi energi listrik.

Di India, pemanfaatan energi matahari juga digunakan untuk memasak menggunakan kompor bertenaga surya.

Energi Panas Bumi

Selain matahari, panas bumi juga menjadi salah satu pemasok energi melimpah dan terbarukan sehingga tak perlu takut apabila akan kehabisan energi panas bumi tersebut.

Harganya juga lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang kaya akan energi panas bumi, karena Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif.

Energi Angin

Beberapa negara di dunia saat ini sedang gencar-gencarnya memanfaatkan energi angin karena jumlah sumber energinya tak terbatas.

Pemanfaatan energi angin menggunakan kincir angin yang dihubungkan dengan generator atau turbin untuk menghasilkan tenaga listrik.

Energi Biomassa

Sumber energi biomassa berasal dari tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu.

Energi Gas Alam

Sumber energi ini masuk ke dalam golongan energi baru dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan bahan bakar minyak.

Energi Air

Sejak lama, sumber energi tenaga air sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia karena memiliki sifat ramah lingkungan dan sumbernya yang melimpah.

Salah satu contoh pemanfaatan energi tenaga air adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), yang berguna bagi kualitas hidup yang lebih baik.

Energi Pasang Surut

Jika dibandingkan dengan tenaga surya dan tenaga angin, energi pasang surut dianggap lebih menjanjikan serta memiliki hasil yang lebih maksimal.

Namun, pemanfaatan energi ini masih tergolong sedikit dikarenakan biayanya yang mahal.

Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah energi yang tidak dapat dibuat kembali dalam waktu singkat.

Sumber energinya berasal dari perut bumi berbentuk cair, gas, dan padat.

Contoh sumber energi tak terbarui sebagai berikut:

Energi Minyak Bumi

Minyak bumi berasal dari makhluk hidup mati yang kemudian tertutup lapisan tanah dan batuan.

Jika persediaan minyak bumi menipis dan habis, maka diperlukan waktu berjuta-juta tahun lamanya untuk dapat diproses kembali.

Hal tersebut yang menyebabkan minyak bumi masuk dalam sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

Energi Batu Bara

Batu bara terbuat dari campuran kompleks zat kimia organik yang mengandung karbon, oksigen, dan hidrogen dalam rantai karbon.

Pemanfaatan batu bara di Indonesia digunakan sebagai pembangkit listrik dan pabrik semen.

Sejak tahun 1993, Indonesia menyosialisasikan penggunaan batu bara dalam masyarakat yang digunakan sebagai bahan rumah tangga dan industri kecil.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini