Share

Ciri-ciri Wiper Mobil Harus Segera Diganti, Jangan Tunggu Rusak

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Sabtu 03 Desember 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 87 2719826 ciri-ciri-wiper-mobil-harus-segera-diganti-jangan-tunggu-rusak-LBypSSBQ3a.JPG Wiper mobil. (Foto: Antara)

JAKARTA – Wiper merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Komponen ini sangat dibutuhkan di musim hujan. Wiper dapat membantu untuk menghilangkan air yang menetes dan mengganggu pengelihatan sopir.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan perlu memastikan agar wiper di kendaraan mereka dalam kondisi baik. Ada beberapa tanda wiper mobil rusak yang harus diketahui pemilik kendaraan.

Tidak berfungsi saat membersihkan air

Wiper yang rusak tidak dapat bekerja dengan baik dan optimal. Hal itu nampak dari keterbatasan wiper dalam membersihkan air dan debu secara menyeluruh pada kaca mobil.

Menimbulkan suara yang mengganggu

Wiper yang masih bagus membersihkan kaca tanpa suara. Namun, jika wiper mengeluarkan suara ketika membersihkan kaca berarti ada masalah pada karet pembersih wiper. Karena tekstur karet wiper itu lentur dan tidak keras.

Menyebabkan goresan pada dinding kaca

Wiper harus segera diganti apabila ketika membersihkan kaca meninggalkan bekas goresan. Bekas goresan ini berasal dari karet pembersih kaca yang sudah mengeras sehingga ketika wiper berjalan melukai kaca mobil.

Kerangka wiper rusak

Wiper harus segera diganti apabila terdapat kerusakan pada rangka wiper. Kerangka wiper yang bengkok tidak dapat membersihkan kaca dengan baik. Hal ini membuat pergerakan wiper tak mulus. ketika muncul gejala ini, ada baiknya untuk segera mengganti wiper baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menimbulkan garis air dibagian kaca

Ketika kondisi wiper sudah tidak normal seperti kondisi di awal, maka akan menimbulkan garis-garis air pada bagian di dinding kaca.

Selain wiper tidak dapat bekerja secara optimal, garis-garis air yang ditimbulkan tadi juga akan menyebabkan goresan atau baretan kecil yang merusak pandangan pengemudi.

Maka dari itu, sebaiknya anda sering mengecek kondisi wiper anda ketika sudah memasuki musim penghujan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini