Share

Kenali 6 Penyebab Mimisan, Mengupil hingga Alergi

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 20:00 WIB
$detail['images_title']
6 Penyebab Mimisan, (Foto: Associated Press-The Sun)

6 Penyebab Mimisan, mungkin banyak orang awam yang tidak mengetahuinya. Padahal, sekitar 60 persen orang akan mengalami setidaknya satu kali mimisan dalam seumur hidupnya. Mimisan atau nama medisnya yang disebut Epistaksis bisa terjadi dengan mudah, sebab letak hidung dan letak pembuluh darah yang dekat dengan permukaan di lapisan hidung.

Secara sederhana, mimisan adalah keluarnya darah dari jaringan yang melapisi bagian dalam hidung. Sebagian besar kasus mimisan, bisa ditangani sendiri di rumah. Namun, ada gejala tertentu harus diperiksakan ke dokter.

Letak hidung yang berada di tengah wajah dan banyaknya pembuluh darah, yang terletak di dekat permukaan lapisan dalam hidung membuatnya jadi sasaran empuk terjadinya luka dan mimisan. Jika Anda mengalami mimisan, tidak perlu panik berlebihan karena meski disebabkan oleh banyak faktor, namun disebutkan sebagian besar penyebabnya bukan hal yang serius.

Apa saja sebetulnya yang bisa menyebabkan mimisan? Secara umum, dikutip dari Cleveland Clinic, Rabu (7/12/2022) berikut paparan singkat enam penyebab mimisan.

1. Faktor external, seperti mengupil.

2. Sakit di bagian hidung, yakni pilek (infeksi saluran pernapasan atas) dan sinusitis, terutama jika yang menyebabkan bersin berulang, batuk, dan hidung berhembus.

(6 Penyebab Mimisan, Foto: Freepik)

3. Meniup hidung dengan paksa, gerakan yang keras, atau memasukkan benda ke dalam hidung.

(6 Penyebab Mimisan, Foto: Freepik)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Cedera pada hidung dan atau wajah.

(6 Penyebab Mimisan, Foto: Freepik)

5. Alergi karena mengalami rhinitis alergi dan non-alergi (radang selaput hidung).

(6 Penyebab Mimisan, Foto: Freepik)

6. Konsumsi obat tertentu, misalnya seperti obat pengencer darah (aspirin, obat antiradang nonsteroid, warfarin, dan lain-lain).

Selain enam penyebab di atas, mimisan juga bisa karena terjadinya iritasi kimia dari bahan kimia dalam bahan pembersih, asap kimia di tempat kerja, bau menyengat lainnya, mengalami kekurangan oksigen sehingga hidung jadi lebih kering, deviasi septum (bentuk abnormal dari dinding yang memisahkan kedua sisi hidung) dan juga sering memakai semprotan hidung dan obat-obatan untuk mengobati hidung gatal, berair atau tersumbat karena obat-obatan semacam ini (antihistamin dan dekongestan) bisa membuat selaput hidung kering.

1
2