Share

25 Wisata Kuliner Yogyakarta Paling Populer, Ada yang Dekat Lokasi Pernikahan Kaesang-Erina

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 301 2723294 25-wisata-kuliner-yogyakarta-paling-populer-ada-yang-dekat-lokasi-pernikahan-kaesang-erina-uAANI8jiUc.jpg Kuliner khas Yogyakarta (Foto: Indonesia Food)

ANAK bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep akan menikah dengan Erina Gudono pada Sabtu 10 Desember 2022, di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Jalan Adisucipto, Ambarukmo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tentu saja Yogyakarta atau Jogja akan ramai pada hari itu mengingat banyak tokoh penting akan hadir ke pernikahan Kaesang-Erina.

Yogyakarta memang istimewa. Selain punya banyak tempat wisata, provini ini juga memiliki aneka makanan khas yang enak dengan harga terjangkau. Tentunya sederet kuliner khas yang menggoyang lidah, mulai dari makanan tradisional, menu western, sampai kuliner khas nusantara pun ada di sini.

Nah biar gak bingung dan bikin kantong Anda bolong selama menjelajahi Jogja, yuk simak 25 daftar tempat wisata kuliner paling populer di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi!

Gudeg Wijilan dan Barek

Mengunjungi Jogja, belum afdol rasanya apabila tidak mencicipi kuliner gudeg disana. Gudeg sendiri merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dalam kendi tanah liat selama berjam-jam. Bahkan karena makanan ini, Jogja dijuluki Kota Gudeg lho!

Warnanya yang gelap pekat, ternyata bukan berasal dari pewarna buatan, namun warna tersebut dihasilkan secara alami dari daun jati, yang sebelumnya diletakkan di atas tungku kayu sebelum Gudeg dimasak. Biasanya Gudeg akan disajikan dengan lauk tambahan, seperti tahu, tempe, atau bacem, dan tentunya sambal goreng krecek serta kuah areh sebagai pelengkap rasa gurih, pedas, dan sedap pada Gudeg.

Untuk menemukan Gudeg di kota Gudegnya sendiri sangat mudah lho. Anda akan menemukan penjual Gudeg dari dini hari sampai tengah malam, dan setiap sudut kota di Jogja pasti ada Gudeg. Namun kawasan Wijilan dan Barek lah yang paling terkenal sebagai sentra gudeg Jogja, untuk itu tempat ini wajib banget Anda kunjungi saat berlibur ke Jogja.

Ilustrasi

Ilustrasi gudeg Jogja

Gudeg yang berlokasi di sepanjang Jl. Wijilan, berada tidak jauh dari kompleks Keraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak. Rata-rata warung gudeg di Wijilan buka dari jam 05.30 – 20.00 WIB, kecuali Gudeg Bu Tarto di Jl. Wijilan 15 yang buka selama 24 jam.

Sementara di Yogyakarta bagian utara, Gudeg berada di Barek. Setiap subuh, penjual gudeg berderet di pinggir jalan di sebelah utara kawasan UGM.

Gudeg Manggar Manding

Masih seputar gudeg, Jogja memiliki gudeg lainnya bernama Manggar Manding. Berbeda dari sebelumnya yang terbuat dari nangka, pada Gudeg Manggar Manding ini berbahan dasar Manggar atau bunga kelapa.

Bagi yang belum pernah mencobanya, gudeg jenis ini memiliki tekstur crunchy dari bunga sementara tangkainya sekilas memiliki rasa mirip jamur tiram. Sayangnya, karena terbatasnya persediaan manggar menyebabkan kuliner ini semakin susah ditemukan. Bahkan beberapa penjual terpaksa menutup warung dan hanya melayani jika ada pemesanan saja.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, meski langka Gudeg Manggar Manding masih bisa ditemukan di kawasan Bantul. Datanglah ke Bantul yang menjadi kampung halaman dari kuliner istimewa ini. Nama tempatnya adalah Rumah Makan Manggar Manding yang buka dari jam 08.00 – 20.00 WIB, dan berlokasi di Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Angkringan Kopi Joss Lik Man

Kopi Joss menjadi minuman hits di Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan. Bahkan ada yang bilang, belum ke Jogja kalau belum menikmati nasi kucing plus Kopi Joss di angkringan pinggir rel Lek atau Lik Man.

Nasi kucing sendiri merupakan nasi yang porsinya sedikit dengan tambahan lauk seperti orek tempe, dan sambal teri, serta pelengkap lainnya berupa aneka sate dan gorengan. Sementera Kopi Joss adalah minuman kopi seduh pada umumnya, tapi yang bikin unik kopi tersebut akan ditambahkan arang panas.

Karena bunyi ‘Joosss’ yang ditimbulkan inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Meski terbilang ekstrim, ternyata arang dalam kopi tersebut dapat menetralisir kafein lho! Jadi Kopi Joss ini aman bagi pencernaan Anda.

Nah untuk itu, Anda wajib mampir ke angkringan Kopi Joss Lik Man. Karena selain dari rasanya yang enak, harganya juga sangat bersahabat karena relatif murah.

Lokasi angkringan Kopi Joss Lik Man berada di sekitar Kawasan Stasiun Tugu Jogja, tepatnya di Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Angkringan ini akan buka setiap harinya mulai dari jam 16.00 – 01.00 WIB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Makanan Jogja cenderung bercita rasa manis, namun bagi Anda yang suka pedas wajib banget mencoba oseng-oseng merconnya. Terbuat dari kikil yang di oseng super pedas, membuat siapa pun yang memakannya akan berkeringat seperti habis lari mengitari lapangan bola berkali-kali.

Warnanya yang merah pekat, dihasilkan dari 6 kg cabai lho! Oseng-oseng ini adalah kreasi dari Bu Narti yang kini telah menjadi kuliner khas Yogyakarta. Warung makannya telah berdiri sejak 1998, dan menjadi salah satu kuliner Jogja yang sering dikunjungi pecinta makanan pedas.

Nah buat Anda yang penasaran ingin mencobanya, bisa langsung melipir ke warung makan oseng-oseng Bu Narti yang berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta. Warung makan ini beroperasi dari jam 16.00 – 23.00 WIB.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tak akan Anda temukan di tempat lain, khususnya bagi penggemar sate kambing. Untuk rasanya sate ini memiliki 3 bahan saja, seperti garam, merica, dan kecap, untuk tulah rasanya sangat khas.

Yang unik dari sate yang lain, Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda lho! Konon, penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging matang merata. Nah buat kalian yang penasaran dengan sate ini, bisa mengunjungi Sate Klathak Pak Pong yang berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 18, Jejeran II, Wonokromo, Bantul, Yogyakarta. Untuk jam operasionalnya buka setiap hari dari 09.00 – 23.00 WIB.

House of Raminten

Walaupun nama tempatnya berbahasa Inggris, tapi makanannya tetap menu tradisional Indonesia. Ya, tempat kuliner di Jogja ini menjadi bukti bahwa menu tradisional ternyata bisa disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas.

House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Untuk suasana tempatnya, Anda akan menemukan kereta kuda di luar rumah makan ini, dan bagian dalam berciri khas Jawa dengan wangi dupa.

Bahkan Anda akan diiringi dengan gending Jawa yang menemani selama makan. Uniknya lagi untuk memesan makan, Anda harus membunyikan kentongan yang tersedia di meja, untuk memanggil pelayan yang mengenakan kemben khas Jawa.

Tempat ini berlokasi di House of Raminten, Jl. FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Tempat ini buka setiap harinya, dari jam 09.00 – 23.00 WIB.

Ilustrasi

Banyu Mili Contory Club

Banyu Mili Contory Club terkenal dengan sebagai tempat rekreasi keluarga sekaligus wisata kulinernya. Rumah makan ini memang berada pada satu lokasi dengan wisata air seperti kolam renang, wahana air, hutan, dan danau buatan.

Untuk itu tempat ini sangat cocok karena sehabis puas bermain air, maka waktu yang pas untuk memuaskan lidah dan perut. Banyak menu lezat tersedia disini, mulai dari gurame bakar, ayam goreng, cumi bakar, kepiting telur, dan udang bakar madu. Seafood disana terbilang segar karena merupakan hasil budidaya mereka sendiri.

Jika sedang berwisata ke Jogja bersama dengan keluarga, tidak salahnya untuk melipir ke Banyu Mili Contry Club yang terletak di Perum Griya Mahkota, Jl. Godean KM 4,5, Yogyakarta. Untuk restonya mulai beroperasi dari jam 10.00 – 22.00 WIB, sementara untuk wahana rekreasi nya dibuka pada jam 07.00 – 18.00 WIB.

Kalimilk Yogyakarta

Selain Lembang yang terkenal dengan susunya, maka di Jogja juga punya tempat wisata kuliner yang menyajikan susu. Di kota ini, kafe susu menjadi tempat yang populer lho! Aneka olahan susu tersedia, salah satunya yang paling terkenal adalah Kalimilk.

Kalimilk sendiri memiliki sebutan untuk untuk penggemarnya, yaitu ‘Neneners’. Di sini, Neneners bisa mencicipi susu dengan beragam rasa mulai dari cookies, durian, coklat dan aneka snack lainnya. Porsinya juga gak main-main, ada medium dan gajah.

Seperti kafe-kafe pada umumnya, Kalimilk didesain semi terbuka, tapi yang membedakan tempat tersebut tidak menggunakan AC, melainkan kipas angin. Nah bagi yang tertarik, bisa mampir ke Kalimilk yang berlokasi di Jl. Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta. Kafe ini akan mulai beroperasi dari jam 11.00 – soldout.

Bong Kopitown

Bong Kopitown menjadi salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang populer, karena berkonsep penjara. Di setiap ruangan memiliki sekat jeruji besi yang menyerupai penjara aslinya. Anda juga bisa melihat sipir penjara yang berdiri di balik meja kasih dan narapidana yang hilir mudik mengantar pesanan ke setiap meja makan.

Selain karena tempatnya, beberapa menu di Bong Kopitown menawarkan makanan yang lezat, seperti kopi tetes, sapo tahu, penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Begitu duduk Anda akan dikejutkan dengan pelayan yang menyerahkan selembar koran berisi daftar menu dan sejarah berdirinya rumah makan.

Nah bagi Anda yang berminat ,bisa langsung melipir ke Bong Kopitown yang berlokasi di Jl. Sagan Kidul 4, Yogyakarta. Untuk jam operasionalnya dibuka dari 10.00 – 24.00 WIB.

Bakso Klenger Ratu Sari

Bakso memang makanan yang banyak disukai. Untuk itu wajib banget nih mencoba warung bakso paling enak di Jogja, yaitu Bakso Klenger Ratu Sari. Berbagai ukuran bakso ada disini, mulai dari ukuran biasa sampai besar dengan berat 20 kg.

Maka dari itu nama bakso ini menjadi ‘Klenger’ atau pingsan, karena porsinya yang luar biasa besar. Jadi wajib bawa teman ya, agar Anda tidak ‘Klenger’ makan denan porsi besar.

Nah bagi yang penasaran bisa meluncur langsung ke Bakso Klenger Ratu Sari, yang berlokasi di Jl. Wahid Hasyim No. 296, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini akan buka dari jam 10.00 – 21.00 WIB.

Cilok Gajahan

Sebagai kuliner khas Bandung, ternyata cilok juga populer di Jogja. Adalah Cilok Gajahan, cilok paling enak di Jogja saat ini. kualitas serta rasa gak diragukan lagi enaknya, teksturnya juga empuk dan campuran daging sapinya juga terasa enak saat digigit. Akan lebih nikmat lagi disantap saat masih hangat dengan campuran sambal, saus, dan kecap.

Cilok Gajahan bisa Anda temui di berbagai penjual kaki lima di Jogja, namun Anda juga bisa langsung menuju pusatnya di Cilok Gajahan Pusat Kadipaten yang berlokasi di Jl. Kadipaten Kulon No. 97, Kadipaten, Kec. Kraton, Yogyakarta. Beroperasi setiap hari mulai pukul 13.30 – 18.00 WIB.

Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Bagi pecinta mie ayam, wajib banget mencoba Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu. Tempat makan ini merupakan salah satu mie ayam paling enak dan terkenal di Jogja. Oleh karena itu, hampir setiap hari mie ayam ini selalu ramai oleh pembeli. Bahkan bisa antri panjang hanya untuk mendapat seporsi mie ayam.

Mie Ayam Bu Tumini juga menjadi legendaris karena berdiri sejak tahun 1990-an. Konon kabarnya dalam sehari bisa menghabiskan 700 porsi dan 50 kg ayam. Maka dari hingga kini, menjadi terlaris di Yogyakarta.

Ilustrasi

Untuk kualitas mie jangan diragukan lagi ya, karena mienya homemade buatan sendiri. ukuran mienya juga lumayan besar dan lebih kenyal di mulut. Mie Ayam Bu Tumini mempunyai ciri khas kuahnya yang kecoklatan dan beda dari mie ayam kebanyakan.

Jika tertarik untuk mencoba bisa langsung melipir ke Jl. Imogiri Timur No. 187, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Mulai buka dari jam 10.00 – 17.00 WIB.

Tempo Gelato Prawirotaman

Tempo Gelato Prawirotaman menjadi tempat paling populer para pengunjung, yang berdatangan dari berbagai kota. Para pengunjung yang rata-rata adalah anak muda memilih tempat ini karena rasanya yang spesial dan tempatnya yang nyaman untuk nongkrong.

Memiliki tekstur lembut, dengan rasa yang pas dan tidak terlalu manis, es krim gelato ini memiliki beragam rasa. Interior tempatnya juga unik dan instagramable, karena terdapat ratusan frame berisi potret orang sedang menyantap es krim dari seluruh dunia.

Ada juga tiang-tiang lampu khas jalanan di Eropa, yang menjadi spot instagramable untuk di foto para pengunjung. Nah untuk kalian yang penasaran dengan tempat dan gelatonya, bisa berkunjung ke Tempo Gelato Prawirotaman, yang berlokasi di Jl. Prawirotaman No. 38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Yogyakarta. Buka pada setiap harinya, mulai dari jam 09.00 – 22.00 WIB.

Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman

Yang belum pernah coba es krim campur rujak, yuk coba Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman yang ada di Jogja ini. Makanan unik ini sudah ada sejak tahun 1978, dan menjadi pioner pertama rujak es krim di Kota Yogyakarta. Maka gak heran menjadi yang paling enak dan legendaris di sana.

Satu porsi rujak es krim Pak Nardi berisi serutan aneka buah-buahan segar, dengan toping es krim di atasnya. Rasanya cenderung manis, asam dan pedas dari sambalnya. Teksturnya es krimnya juga lembut di lidah lho! Untuk menikmati seporsi Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman, cukup membayar sekitar Rp7.000 saja. Murah meriah bukan?

Bagi yang penasaran untuk mencoba langsung, bisa langsung datang ke Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman yang berlokasi di Jl. Harjowinatan, purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. Buka mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Rujak Es Krim Pak Paino

Sama seperti Rujak Es Krim Pak Nardi, ternyata di daerah Pakualaman memiliki rujak es krim lainnya yaitu Es Krim Pak Paino yang gak kalah enaknya. Per porsinya Anda akan mendapatkan aneka buah-buahan seperti mentimun, mangga, kedondong, pepaya, nanas, dan bengkoang dan es krim.

Harga dan rasanya juga gak jauh berbeda lho dengan Rujak Es Krim Pak Nardi. Pada Es Krim Pak Paino, memiliki rasa manis, asam, pedas dan dingin, dengan harga per porsinya sekitar Rp7.000.

Es Krim Pak Paino berlokasi di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. Untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Sate Kambing Pak Syamsuri

Sate kambing legendaris ini sangat populer di kalangan wisatawan. Sate Kambing Pak Syamsuri telah dibuka sejak tahun 1991 dan masih eksis hingga sekarang. Selain satenya, menu lain yang ditawarkan ada tengkleng, gulai, nasi goreng, hingga olahan daging kambing lainnya.

Teksturnya juga empuk dan tidak bau prengus. Untuk satu porsi sate kambing terdiri dari 8 tusuk, dengan harga sekitar Rp25.000.

Nah bagi yang tertarik bisa meluncur langsung ke Jl Anggrek, Sambilegi Kidul, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Buka setiap hari senin sampai sabtu, mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Nasi goreng ini terkenal di kalangan mahasiswa Jogja. Tempatnya hampir tidak pernah sepi dan selalu ramai pengunjung. Dengan harga per porsinya Rp17 ribu sampai Rp18.000, Anda sudah bisa menikmati kelezatan Nasi Goreng Sapi Padmanaba, sambil makan beralas tikar.

Nasi Goreng Sapi Padmanaba berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta (Depan SMA N 3 Yogyakarta). Mulai buka dari pukul 18.00 – 00 WIB.

Nasi Campur Teri Gejayan

Nasi Campur Teri Gejayan menjadi makanan recommended para mahasiswa yang kelaparan di malam hari. Pasalnya tempat ini akan buka di malam hari dan memiliki cita rasa enak pedas, serta murah meriah. Tempat ini selalu ramai pembeli, jadi pastikan jangan kemalaman agar tidak kehabisan lauk.

Untuk lokasinya sendiri berada di Jl. Affandi, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta. Jam operasionalnya dibuka pada pukul 21.30 – 03.30 WIB.

ES Buah Pak Lantip/Es Buah Gerjen Keraton Yogyakarta

ES Buah Pak Lantip atau dikenal dengan Es Buah Gerjen Keraton Yogyakarta, merupakan salah satu tempat makan es buah paling enak di Jogja. Meski di gerobak sederhana tanpa meja atau pun kursi, es buah ini tidak pernah sepi pengunjung lho!

Hal ini karena rasanya yang benar-benar legit, manis, dan menyegarkan. Maka tidak mengherankan dalam satu hari bisa habis sampai 250 porsi. Seporsi es berisi cincau, kolang-kaling, kelapa muda, tape singkong, alpukat, nangka, sawo, dan melon. Untuk perasanya memakai gula jawa cair atau gula putih cair dengan tambahan susu. Satu porsi di beri harga Rp8.000 saja.

Lokasinya ada di Jl. Nyai Ahmad Dahlan No. 58-62, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. Jam bukanya pada pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Ayam Geprek & Susu (Preksu)

Ayam Geprek dan Susu atau yang disingkat ‘Preksu’, merupakan kuliner paling hits di Jogja. Keistimewaan preksu ini berupa toping yang beraneka macam, mulai dari keju parut, saus keju, mozarella, bawang goreng, jamur, terong, hingga kremes.

Susunya juga berasal dari susu murni lho! Mangkanya rasanya sangat menyegarkan. Nasinya menggunakan varian nasi uduk dan nasi biasa. harganya juga termasuk murah meriah, gak heran jika tempat ini selalu ramai dipadati pengunjung, khususnya mahasiswa/pelajar.

Lokasinya ada di Jl. Colombo No. 4A, Karangmalang, Caturtunggal, Kec. Depok, Yogyakarta. Untuk jam operasionalnya dibuka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB, kecuali di hari Jum’at yang dibuka pukul 13.00 WIB.

Jenang Bu Gesti

Jenang Bu Gesti merupakan jenang legendaris dan paling enak di Jogja. Konon jenang Bu Gesti menjadi langganan Sri Sultan Hamengkubuwono X, Presiden Suharto, Presiden Megawati, sampai pakar kuliner Bondan Winarno.

Rasanya otentik karena diracik dari resep turun temurun ibunya. Ada sekitar 4 jenis jenang yang disajikan disini yaitu Jenang Sumsum Coklat Manis, Jenang Sumsum Putih Gurih, Jenang Candil, dan Jenang Mutiara. Seporsinya Cuma Rp5.000 lho!.

Rasanya juga gak diragukan lagi, perpaduan legit manis dan gurih dari santannya bikin siapapun ketagihan saat mencobanya. Lokasinya berada di Pasar Lempuyangan, Jl. Hayam Wuruk, Tgal Panggung Danurejan, Yogyakarta. Buka setiap harinya pada pukul 07.30 – Habis.

Lupis Mbah Satinem

Lupis Mbah Satinem merupakan salah satu lupis ketan legendaris dan enak di Jogja. Kabarnya mbah Satinem mulai berjualan sejak tahun 1963. Saking ramainya yang membeli, bahkan harus memakai nomor antrian lho!

Maka tidak heran karena rasanya yang lembut dan manis saat dimakan. Selain lupis ternyata mbah Satinem juga berjualan lainnya seperti ketan, tiwul, gatot, dan cenil. Dengan harga seporsinya Rp5.000, bisa ludes terjual hanya dengan 2 jam saja.

Lokasinya sendiri berada di Jl. Bumijo No. 50, 001, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Mulai buka pada pukul 06.00 – 08.00 WIB.

Warmindo Bu Siti

Bagi pecinta mie, wajib banget ke Warmindo Bu Siti ini. walaupun hanya mie instan biasa tapi rasanya sangat juara. Hal ini karena Bu Siti menggunakan racikan bumbu sendiri sehingga lebih sedap dan enak.

Saking enaknya tempat ini selalu ramai pembeli, bahkan turis asing juga sering mampir kesini lho!

Lokasi Warmindo Bu Siti berada di Jl. Sisingamangaraja No. 35, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Dibuka setiap harinya mulai pukul 17.00 – 02.00 WIB.

Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang Tahu Bu Sukardi menjadi street food paling populer di Jogja. terbuat dari sari kedelai, wedang tahu ini memiliki tekstur kenyal dan lembut. Seporsinya disajikan bersama kuah jahe yang kaya akan rempah-rempah dan sangat cocok untuk menghangatkan badan.

Lokasinya ada di Jl. Kranggan No. 75, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Mulai buka pukul 06.30 – 11.00 WIB.

Soto Sampah

Soto dengan nama unik ini termasuk salah satu tempat makan soto ayam paling enak di Jogja. Meski hanya warung tenda pinggir jalan, tempat ini selalu ramai pengunjung khususnya para mahasiswa.

Dalam seporsi Soto Sampah berisi nasi, bihun, kecambah, kubis, daun seledri bawang goreng, dan disiram dengan kuah kaldu beningnya yang kaya rempah-rempah. Lalu disajikan juga bersama beragam lauk, mulai dari sate ati, sate usus, telur dadar, gorengan dan lainnya.

Walaupun tempatnya lesehan di sepanjang trotoar, harga per porsi disini sangat murah sekitar Rp8.000 saja.

Lokasinya berada di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Tempat ini akan dibuka malam hari dari jam 20.00 – 03.30 WIB.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini