Share

Kisah Misteri Puake, Penunggu Sungai Kapuas Berwujud Naga Raksasa

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 406 2723239 kisah-misteri-puake-penunggu-sungai-kapuas-berwujud-naga-raksasa-oz4wQLfDPk.jpg Sungai Kapuas (ANTARA)

KISAH mistis Puake, penunggu Sungai Kapuas di Kalimantan Barat berbentuk naga dan menjadi legenda turun-temurun. Konon katanya, Puake akan meminta tumbal pada waktu tertentu.

Indonesia kaya akan cerita legenda rakyat berabad-abad lalu. Salah satunya adalah legenda Pauke penunggu Sungai Kapuas. Masyarakat Pontianak yang mendiami sekitar Sungai Kapuas mempercayai adanya Pauke.

Dalam bahasa Melayu, Pauke berarti sosok raksasa yang mendiami Sungai Kapuas. Pauke memiliki wujud seperti seekor naga raksasa. Bagaimana kisahnya?

Kisah mistis Pauke bermula pada tahun 1994 di Pontianak. Pada saat itu, ada sejumlah anak sedang bermain menggunakan pelampung di Sungai Kapuas. Entah dari mana datanglah gelombang besar yang menghanyutkan anak-anak itu.

Anak-anak tersebut hilang di Sungai Kapuas. Kepala desa mengatakan bahwa hilangnya anak-anak karena ulah Pauke. Penunggu Sungai Kapuas itu marah karena anak-anak berlaku tidak sopan ketika berenang.

Hingga akhirnya, Pauke mengirimkan gelombang sungai untuk menenggelamkan mereka. Karena kejadian itu orangtua melarang anak-anak mereka untuk bermain di Sungai Kapuas.

 BACA JUGA:Horor! Misteri Siluman Ular Pemakan Perempuan di Pulau Karang Jamuang Gresik

Masyarakat Bansir di Pontianak mempercayai Pauke berwujud buaya putih. Mereka menyebut Pauke buaya putihnya dengan nama Sarassa. Pauke jenis buaya muncul pada acara pernikahan dan malam takbiran.

Selain berbentuk buaya putih, masyarakat juga mempercayai adanya Pauke jenis lain. Salah satunya adalah Pauke berbentuk ular besar panjang raksasa. Ular besar ini memiliki bentuk seperti naga. Kepala naga ini berada di muara sungai dan ekornya berada di hulu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada pula Pauke berbentuk kura-kura besar bernama Pauke Biukur. Bentuk Pauke sebenarnya tidak dapat digambarkan secara pasti. Sebeb, hewan penunggu Sungai Kapuas ini kerap bersembunyi.

Pontianak memang lekat dengan kisah mistis Puake, penunggu Sungai Kapuas berbentuk naga. Kendati demikian, Sungai Kapuas memiliki memiliki ragam destinasi wisatawan.

 Ilustrasi

Keeksotisan Sungai Kapuas memperlihatkan keindahan tersembunyi dari Kota Pontianak. Jika berkunjung ke Pontianak sempatkan bertandang ke Sungai Kapuas untuk refreshing. Wisatawan dapat menyusuri Sungai Kapuas menggunakan kapal wisata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini