Share

5 Daerah di Indonesia yang Punya Julukan Nama Hewan, Nomor 4 Ada Cerita Unik di Baliknya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 408 2723167 5-daerah-di-indonesia-yang-punya-julukan-nama-hewan-nomor-4-ada-cerita-unik-di-baliknya-pakW3ca7wD.jpg Tugu Walet Kebumen (Ciputranews)

SEDIKITNYA ada 5 daerah atau kota di Indonesia yang punya julukan nama hewan yang ikonik. Tentu saja julukan tersebut ditabalkan karena keberadaan hewan itu begitu khas.

Meski kadang hewannya sulit ditemukan atau bahkan hanya ada dalam cerita legenda.

Tentunya julukan yang ada sungguh beragam, mulai dari nama buah, kisah sejarah, makanan khas hingga nama hewan. Bahkan, ada beberapa kota yang melekat dengan julukan nama hewan.

Lantas, kota mana saja di Indonesia yang punya julukan nama hewan?

Simak ulasannya :

1. Kebumen, Kota Walet

Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah punya julukan Kota Walet. Melansir dari Kebumenkab.go.id, Kebumen termasuk salah satu daerah penghasil sarang burung walet, atau yang dikenal masyarakat sekitar dengan nama lawet.

Sarang burung walet menjadi komoditas terbesar di Kebumen dengan memperoleh pendapatan tertinggi. Tak ayal, burung lawet atau walet dijadikan salah satu lambang Kebumen.

2. Pandeglang, Kota Badak

Kabupaten Pandeglang di Provinsi Banten memiliki julukan Kota Badak sebab ada Taman Nasional Ujung Kulon yang menjadi tempat konservasi badak Jawa. Data 2021 menyebutkan populasi badak Jawa di sana ada 75 individu lagi.

3. Sidoarjo, Kota Udang/Bandeng

Kabupaten Sidoarjo di Jawa Timur memiliki banyak tambak udang dan bandeng, sehingga daerah ini dijuluki juga sebagai Kota Udang atau Kota Bandeng.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Tapaktuan, Kota Naga

Tapaktuan, Ibu Kota Kabupaten Aceh Selatan punya banyak cerita legenda yang dituturkan secara turun temurun oleh masyarakatnya. Salah satunya adalah legenda tapak kaki Tuan Tapa.

Ada batu yang berbentuk tapak kaki manusia raksasa terletak di pantai kota pesisir Samudera Hindia ini disebut sebagai tapak kakinya Tuan Tapa. Diyakini dari sinilah nama Tapaktuan bermula. Batu tersebut dipercaya juga punya aura mistis.

Tapaktuan dijuluki sebagai Kota Naga lantaran bermula dari sebuah legenda Putri Naga dan Tuan Tapa yang sudah menjadi sejarah lisan masyarakat sekitar secara turun temurun.

Ilustrasi

Legenda ini mengisahkan tentang sepasang naga yang menempati teluk Tapaktuan, kedua naga tersebut bertarung melawan Tuan Tapa yang berhasil dimenangkan oleh sang Tuan Tapa.

5. Merauke, Kota Rusa

Merauke di Provinsi Papua Selatan dikenal sebagai kabupaten terluas dan paling timur Indonesia. Dijuluki Kota Rusa, hutan Merauke memang menjadi habitat bagi rusa liar.

Kabarnya rusa-rusa ini dulu didatangkan oleh koloni Belanda dari Eropa kemudian berkembang biak di Papua.

Itulah 5 kota-kota di Indonesia yang punya julukan nama hewan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini