Share

Terkendala Bahasa, Yuk Simak Tipsnya agar Tidak Tersesat di Negara Orang

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 549 2722923 terkendala-bahasa-yuk-simak-tipsnya-agar-tidak-tersesat-di-negara-orang-WwsghZIPiR.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BEPERGIAN ke tempat yang baru bisa sangat mengasyikkan sekaligus mendebarkan. Apalagi jika Anda mempunyai kesempatan untuk menjelajahi berbagai negara, yang Anda saja tidak mengerti bahasanya. Terlebih jika bahasa inggris bukan bahasa utama dari negara yang Anda tuju.

Lantas apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Para pengguna dari forum Reddit LifeProTips, membagikan pengalaman mereka saat berada di situasi hampir tersesat di negara orang, sebagai akibat dari keterbatasan bahasa.

Untuk itu, mereka menyarankan beberapa tips yang bisa Anda coba jika mengalami hal yang sama seperti mereka.

Ambil kartu nama hotel & foto hotel tempat menginap

Rekomendasi ini diberikan oleh akun Slunge, di mana ia menyarankan untuk mengambil kartu nama dari hotel Anda, dan foto bagian depan gedung.

Menurutnya, hal ini sangat membantu jika sewaktu-waktu Anda tersesat, atau bingung untuk menunjukkan jalan di mana tempat Anda menginap.

Infografis Tips Traveling Aman

"Tunjukkan gambar dan kartu nama kepada pengemudi, dan Anda tidak perlu berbicara,” sambungnya.

Ternyata cara ini tidak hanya dilakukan oleh akun Slunge saja, pengguna Reddit lainnya juga menyetujui komentar tersebut.

“Saya ingat saat tersesat di Taiwan. Lalu saya menyerahkan kartu nama hotel kepada sopir. Dia tertawa selama beberapa menit dan kemudian mengantar saya sejauh 50 meter ke hotel saya secara gratis. Waktu yang menyenangkan,” tulis akun QwaxL.

Bawa peta saat mengunjungi tempat yang akan dituju

Sementara beda halnya dengan akun SP3NGL3R, ia membeberkan perlu untuk mengambil peta di manapun Anda akan datang. Misalnya saja peta kereta bawah tanah, dan peta mall.

Dengan mengambil peta tersebut, Anda akan tahu sendiri jalur mana yang harus dituju. Hal ini dapat meminimalisir Anda tersesat di jalan. Adapun jika tersesat, Anda akan mudah menunjukkan tempat yang Anda maksud kepada penduduk sekitar tanpa harus berbicara.

“Ambil foto peta kereta bawah tanah, peta jalur, peta mal, atau peta apapun saat Anda memasuki tempat itu. (Ini) Jauh lebih mudah untuk merujuknya daripada mencoba mencari peta lain atau turun di halte yang salah atau apapun. Anda juga berakhir dengan 'oooo’ kecil yang menyenangkan,” tulis akun SP3NGL3R.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Manfaatkan Google Translate

Di era yang serba canggih ini, Google Translate sering digunakan pelancong dalam berkomunikasi dengan penduduk setempat. Untuk itu akun lain bernama CanAlwaysBeBetter, merekomendasikan cara ini karena sangat cepat, praktis, dan efisien.

“Jika ponsel Anda berfungsi, Anda bisa menunjukkannya di peta alih-alih gambar, lol. Anda juga dapat menggunakan terjemahan Google!,” tulis CanAlwaysBeBetter.

Ilustrasi Traveler

(Foto: Dailybeast)

Cara ini juga digunakan pengguna lain, saat melakukan perjalanan ke Bandara Barcelona. Menurutnya, dengan cara ini, ia mendapat pengalaman 'cinta' hanya dari berkomunikasi dengan Google Translate. Bahkan ia mendapat pelukan hangat dari orang tersebut lho!

“Saya memiliki perasaan yang luar biasa dari hati ke hati dalam perjalanan taksi jam 4 pagi ke Bandara Barcelona tentang kehidupan, cinta, dan mengapa kita di sini hampir secara eksklusif melalui kami berbicara dengan Google Translate dan mengoper telepon bolak-balik. Sang driver bahkan keluar dan memberi saya pelukan di akhir!,” komentar pengguna Reddit lainnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba jika sedang mengunjungi tempat baru, dengan bahasa berbeda dari yang biasanya Anda gunakan. Jadi jangan takut untuk pergi ke tempat baru ya travelers!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini