Share

Angela Tanoesoedibjo Beberkan 3 Aksi Nyata Kemenparekraf Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan, Apa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 406 2724010 angela-tanoesoedibjo-beberkan-3-aksi-nyata-kemenparekraf-wujudkan-pariwisata-berkelanjutan-apa-saja-l7LckUDHBf.jpg Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Foto: Okezone.com/M. Sukardi)

PARIWISATA berkelanjutan sudah harus menjadi prioritas demi menjaga Bumi di masa depan. Dengan begitu, pariwisata bisa menjadi warisan yang terus ada dari generasi ke generasi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah terus mendorong terciptanya pariwisata yang berkelanjutan dan berkualitas. Meski, masih tetap harus ada inovasi untuk memaksimalkan hasilnya, salah satunya dengan program Sustainable Tourism Development Circle (STDev Circle) yang merupakan hasil kolaborasi dengan Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC). .

 BACA JUGA:Angela Tanoesoedibjo Optimis Pariwisata RI Terus Menguat di Tengah Ketidakpastian Global!

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mencatat ada 3 aksi nyata yang secara konsisten terus dilakukan demi pariwisata berkelanjutan. Apa saja?

1. Konsisten implementasikan ESG di destinasi wisata

Implementasi ESG atau environmental, social, dan governance di destinasi wisata dilakukan secara konsisten hingga saat ini.

 

"Salah satu realisasinya melalui program carbon footprint calculator yang mana kami berkolaborasi dengan industri untuk melakukan penimbangan nilai emisi yang telah dihasilkan dengan menyerap jejak karbon untuk membantu mencegah dampak buruk terhadap iklim," kata Wamen Angela di Webinar Biannual Tourism and Sustainable Tourism Development Forum secara daring, Jumat (9/12/2022).

Dari upaya tersebut, sambung Wamen Angela, hari ini wisatawan memiliki opsi untuk bepergian dengan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

 BACA JUGA:Angela Tanoesoedibjo : STDev Circle Percepat Pembangunan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

2. Secara aktif melakukan penanaman kembali terumbu karang hingga majukan pariwisata berbasis komunitas

 

Wamen Angela mengatakan, upaya lain yang telah Kemenparekraf lakukan untuk memberikan perhatian pada pariwisata berkelanjutan adalah bersama-sama dengan Sustainable Tourism Observatory dan Monitoring Sustainable Observatory, pun dengan berbagai stakeholder lainnya melakukan penanaman kembali terumbu karang, pengelolaan sampah di destinasi wisata, pariwisata berbasis komunitas seperti desa wisata, serta standarisasi pariwisata yang berkelanjutan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Mendukung peningkatan impact investment di sektor ekonomi kreatif

 

Hal ketiga yang dilakukan Kemenparekraf demi menciptakan pariwisata berkelanjutan di sektor ekonomi kreatif adalah secara konsisten mendukung peningkatan 'impact investment' dari sisi pelaku usaha ekonomi kreatif maupun dari sisi awareness masyarakat.

 Ilustrasi

"Dari itu semua, ketika kita bicara keberlanjutan, kita bicara masa depan dan kami yakin kita semua ingin mewujudkan pariwisata yang 'resilience' dan bisa diwariskan manfaatnya dari generasi ke generasi," tambah Wamen Angela Tanoesoedibjo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini