Share

Jalan Menuju IKN Senilai Rp35 Miliar Segera Dibangun

Antara , Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 470 2723939 jalan-menuju-ikn-senilai-rp35-miliar-segera-dibangun-67W9WPpH8A.jpg IKN Nusantara (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan dana sekitar Rp35 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk pembangunan jalan pendekat menuju Ibu Kota Negara (IKN) IKN Nusantara.

Menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang mengatakan bahwa Pemkab berencana membangun jalan menuju Kawasan Industri Buluminung (KIB), sekaligus bisa menjadi jalan pendekat menuju IKN Nusantara.

"Anggaran pembangunan jalan tersebut, disiapkan Rp35 miliar pada APBD 2023 dan akan ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)," katanya dikutip Antara, Jumat (9/12/2022).

Dana pembangunan jalan yang disiapkan Pemkab Penajam Paser Utara terinci Rp25 miliar untuk pekerjaan fisik dan Rp10 miliar untuk pembebasan lahan.

Ruas jalan yang bakal dibangun di wilayah Kecamatan Penajam dari arah Silkar menuju Buluminung sepanjang dua kilometer.

Setelah jalan tersebut terbangun, kata dia, akan memudahkan akses menuju kawasan industri dan juga bisa digunakan sebagai jalan pendekat menuju IKN Nusantara.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu lintas atau pengiriman material dan logistik pembangunan IKN Nusantara dapat melalui jalan itu karena jarak tempuh hanya sekitar satu jam sampai ke wilayah IKN Nusantara.

Pembangunan dan perbaikan yang akan mulai dikerjakan pada 2023 tersebut, kata Nicko Herlambang, sebagai upaya untuk mempermudah pemilik modal yang hendak menanamkan modal di KIB.

Pemkab Penajam siapkan lahan sekitar 9.000 hektare KIB, karena dengan pemindahan IKN dari Jakarta ke Kalimantan Timur dapat dipastikan bakal banyak investor yang akan berinvestasi di daerah berjuluk Benuo Taka itu. Pihaknya telah mengajukan penerbitan izin pengelolaan kawasan industri tersebut kepada pemerintah pusat.

Kawasan industri yang disiapkan seluas 9.000 hektare meliputi wilayah Kelurahan Buluminung, Jenebora, dan Kelurahan Gersik di Kecamatan Penajam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini