Share

Anak Muda Juga Berisiko Terkena Sakit Jantung, Ini Tips untuk Mencegahnya!

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi cara mencegah sakit jantung pada anak muda. (foto: Unsplash)

PENYAKIT jantung biasanya menyerang orang lanjut usia. Namun seiring dengan perubahan gaya hidup di masyarakat, anak muda saat ini juga dapat terkena serangan jantung. Oleh karena itu perlu langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit jantung, berikut penjelasannya.

Menurut dokter spesialis jantung dr. Siska S Danny penyakit jantung tidak menular, sehingga bisa lakukan pencegahan seperti pola gaya hidup sehat. Obat dewanya ialah olahraga secara teratur.

 sakit jantung pada anak muda

"Penyakit jantung sama dengan penyakit tidak menular tensi diabetes kolesterol dan penyakit tidak menular, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Kalau ada obat dewanya adalah olahraga ya secara konsisten," ujar dr. Siska dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu.

Langkah pencegahan penyakit jantung pada perempuan dan laki-laki dikatakan sama. Sebagaimana berdasarkan penelitian olahraga yang konsisten bisa menurunkan risiko penyakit jantung, dengan durasi olahraga 150 menit dalam seminggu.

Olahraga secara konsisten menjadi kuncinya, menurutnya tidak perlu diporsir berlebihan. Sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat olahraga.

"Menurut penelitian menunjukkan orang yang olahraga teratur itu memiliki risiko penyakit jantung dan pembuluh darah lebih rendah. Kuncinya adalah teratur nggak mesti berat atau lama, sampai sakit-sakit, nggak jadi yang disarankan hanya 120-150 menit per minggu," jelas dr. Siska.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada beberapa intensitas olahraga yaitu ringan, sedang atau berat. Salah satu bentuk olahraga yang disarankan adalah jalan cepat.

"Sampai berkeringat itu kalau bisa 3 kali sekali jalan 15-30 menit seminggu," imbuh dr Siska

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa anak muda yang mengalami serangan jantung 90 persen adalah perokok. Anak muda yang terkena serang jantung (jantung koroner) merupakan usia di bawah 40 tahun.

"Menghindarinya adalah paling gampang adalah pola hidup sehat, dan jaga berat badan, ketiga pola makan serat dan rendah lemak dan tidak merokok," ucapnya

1
2