Share

Usir Sakit Kepala Tanpa Minum Obat? Jangan Kebanyakan Mengunyah Salah Satunya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 Desember 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
cara mudah usir sakit kepala tanpa minum obat, (Foto: Freepik)

SAKIT kepala bisa menyerang kapan saja dan siapa saja, tanpa tanda-tanda tertentu terkadang saat kita di tengah-tengah aktivitas, kepala bisa berdenyut terasa sakit. Baik sakit secara menyeluruh, atau hanya sakit sebelah alias migrain.

Tidak semua orang mau atau nyaman untuk langsung minum obat saat mengalami sakit kepala. Lantas memang ada cara untuk mengenyahkan sakit kepala tanpa harus minum obat? Ada kok! Melansir Web MD, Jumat (9/12/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh dokter Jennifer Robinson, MD, ini dia enam metode mudah ini untuk mengatasi sakit kepala tanpa minum obat.

1. Pakai cold pack: Ini untuk jika Anda menderita migrain, letakkan kompres dingin di dahi yakni dengan membalut es batu dibungkus handuk bersih, atau sesederhana paai sekantong sayuran beku, atau bahkan mandi air dingin juga bisa meredakan nyeri. Kompres dingin kepala selama 15 menit, lalu istirahatlah selama 15 menit.

2. Heating pad: Kalau yang ini cara untuk mengatasi sakit kepala tegang. Letakkan bantalan pemanas atau heating pad di area leher atau bagian belakang kepala. Jika mengalami sakit kepala sinus, letakkan kain hangat di area yang sakit dan bisa juga mandi air hangat agar lebih cepat membaik.

 BACA JUGA:Minum Air Hangat sebelum Tidur, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:5 Bahaya Kebanyakan Minum Obat, Salah Satunya Halusinasi!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Kurangi tekanan pada kulit kepala: Tahukah Anda, kalau ikatan kuncir kuda yang terlalu kencang, bisa menyebabkan sakit kepala? ya, sakit kepala akibat kompresi eksternal ini juga bisa disebabkan oleh pemakaian topi, ikat kepala, atau bahkan kacamata renang yang terlalu ketat. Maka dari itu, lepaskan atribut ini agar bisa mengurangi tekanan di kulit kepala dan kepala.

4. Jauhkan diri dari cahaya: Cahaya terang atau berkedip-kedip, bahkan dari layar komputer nyatanya bisa bikin migrain. Jika memang rentan terhadap sinar seperti ini, tutupi jendela dengan tirai anti tembus pandang di siang hari dan jangan lupa pakai kacamata hitam saat di luar ruangan.

5. Jangan mengunyah: Mengunyah, contohnya mengunyah permen karet tidak hanya dapat melukai rahang tetapi juga kepala. Hal yang sama berlaku untuk mengunyah kuku, bibir, bagian dalam pipi, atau benda seperti pulpen. Hindari makanan yang renyah dan lengket juga ya!

6. Minum jahe: Menurut studi penelitian kecil, menemukan bahwa mengonsumsi jahe, membantu meredakan nyeri pasien di UGD yang mengalami migrain. Studi lain juga menemukan bahwa khasiat jahe bekerja hampir sama baiknya dengan resep obat migrain. Konsumsi jahe bisa didapat dengan suplemen atau meminum teh dicampur jahe.

1
2