Share
Advertisement

Jeritan Rakyat Keluhkan Mahalnya Harga STB: Ya Allah, Gak Ada Uang

Annastasya Rizqa , Jurnalis-Jum'at 09 Desember 2022 16:58 WIB
Jeritan rakyat keluhkan mahalnya harga STB (Foto: Tangkapan Layar)
Jeritan rakyat keluhkan mahalnya harga STB (Foto: Tangkapan Layar)
A
A
A

JAKARTA - Sejak tanggal 2 November 2022, pemerintah resmi menyuntik mati televisi analog dan merubahnya menjadi televisi digital. Kini, masyarakat yang ingin menyaksikan siaran televisi membutuhkan alat bantu Set Top Box atau STB untuk menikmati saluran TV digital.

Pemerintah sendiri berusaha untuk mendistribusikan alat STB kepada masyarakat khususnya rakyat tidak mampu. Namun, kenyataanya pendistribusian itu belum merata dan tidak tepat sasaran.

Masih banyak masyarakat kecil yang belum mendapatkan STB dari pemerintah. Harganya yang mahal pun membuat mereka tak sanggup untuk membelinya sendiri.

Salah satunya diungkap oleh pemilik akun TikTok, @mama.nasya13. Ia membagikan kisahnya yang masih belum memiliki STB. Alhasil, hiburan televisi yang biasanya ia nikmati bersama keluarga tak lagi bisa ia rasakan.

“Ya Allah, ketika gak ada uang dan hanya ada TV untuk hiburan anak,” tulis akun tersebut, dikutip MNC Portal Indonesia, Jumat (9/12/22).

Pemilik akun tersebut merupakan warga Kota Yogyakarta. Siaran televisi analog di sana pun sudah dihentikan.

Ia begitu mengeluhkan mahalnya harga STB di pasaran. Ia juga mengungkap harga alat tersebut lebih mahal dari televisi miliknya.

“Kenapa harga STB lebih mahal dari harga TV ku,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Polhukam, Mahfud MD mengatakan perpindahan siaran TV analog ke digital merupakan amanat Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker).

Kata dia, dalam UU itu disebutkan migrasi penyiaran Televisi dari analog ke digital harus diselesaikan pada 2 November 2022.

"Juga migrasi siaran tv analog ke digital ini merupakan program pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital," ujarnya.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement