Share
Advertisement

Danau Kecil di Bumi Terus Bertambah, Ternyata Jadi Masalah Serius

Angeltika Clara Sinaga , Jurnalis-Jum'at 09 Desember 2022 16:02 WIB
Danau kecil di Bumi terus bertambah, ternyata jadi masalah serius (Foto: Wikimedia Commons)
Danau kecil di Bumi terus bertambah, ternyata jadi masalah serius (Foto: Wikimedia Commons)
A
A
A

JAKARTA - Sebuah studi baru telah mengungkapkan adanya danau-danau kecil di Bumi yang telah berkembang pesat selama empat dekade terakhir. Nyatanya, hal ini justru mengkhawatirkan dan menjadi hal serius.

Dilansir dari ScienceAlert, Jumat (6/12/2022), perkembangan danau-danau kecil disebut mengkhawatirkan, mengingat dampaknya terhadap jumlah gas rumah kaca yang dipancarkan reservoir air tawar.

Menurut peneliti, antara tahun 1984 hingga 2019, ukuran permukaan danau secara global bertambah lebih dari 46.000 km persegi atau kurang lebih setara dengan ukuran satu negara, misalnya Denmark.

Karbon dioksida, metana, dinitrogen oksida, dan gas lainnya terus-menerus dihasilkan dari danau. Hal itu akibat dari bakteri dan jamur yang mengikis dasar air, memakan tumbuhan dan hewan mati yang hanyut ke dasar danau.

Secara total, penyebaran danau ini setara dengan peningkatan tahunan emisi karbon di wilayah 4,8 teragram (atau triliun gram) karbon dioksida (CO2). Angka ini sama dengan peningkatan karbon dioksida sebuah negara, yaitu Inggris di tahun 2012.

“Ada perubahan besar dan cepat pada danau dalam beberapa dekade terakhir yang memengaruhi gas rumah kaca, ekosistem, serta akses ke sumber daya air,” kata Jing Tang, ahli ekologi terestrial dari Universitas Kopenhagen, Denmark.

Para peneliti menggunakan kombinasi citra satelit dan algoritma pembelajaran yang mendalam untuk menilai cakupan danau. Danau yang lebih kecil (kurang dari satu km persegi) sangat penting untuk perhitungan gas rumah kaca karena menghasilkan volume emisi yang tinggi dibandingkan ukurannya.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement