Share

Misteri Gunung Argopuro dan Asal Usul Dewi Rengganis Sang Putri Jelita

Melati Pratiwi, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2023 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 18 406 2748665 misteri-gunung-argopuro-dan-asal-usul-dewi-rengganis-sang-putri-jelita-5KJtsVX54Z.JPG Panorama alam di Puncak Rengganis, Gunung Argopuro, Situbondo, Jawa Timur (Foto: Instagram/@ali_munawar_)

ASAL usul Dewi Rengganis masih berkaitan dengan legenda seputar Gunung Argopuro, yang terletak di Situbondo, Jawa Timur. Kini, sang dewi mendiami salah satu puncak di sana hingga kawasan itu disebut sebagai puncak Rengganis.

Mengenai Dewi Rengganis yang menduduki puncak Gunung Argopuro, terdapat beberapa versi cerita di baliknya.

Putri Raja Brawijaya

Dikisahkan bahwa Dewi Rengganis merupakan putri Raja Brawijaya. Ia sangat disayang dan kemungkinan besar takhta kerajaan akan jatuh kepada sang dewi.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Tapi hal itu justru begitu dihindari. Hingga akhirnya keluarlah sebuah mandat membangun istana di atas Gunung Argopuro.

Di sanalah wanita cantik yang konon punya kebiasaan gemar memakan berbagai jenis bunga dan rerumputan itu berkuasa dibantu para dayang-dayangnya. Lokasi pendirian istana itu kemudian dikenal sebagai Puncak Rengganis.

Selir Prabu Brawijaya

Ada yang meyakini Dewi Rengganis sebagai salah seorang putri hasil buah cinta Prabu Brawijaya dan selirnya. Sayangnya, Dewi Rengganis bukanlah sosok putri yang diinginkan bahkan tidak diakui.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ketika tumbuh semakin dewasa, Dewi Rengganis melarikan diri bersama patih maupun pengikut setianya. Ia pun lantas mendirikan keraton di puncak Gunung Argopuro.

Begitulah cerita singkat mengenai asal usul Dewi Rengganis yang melekat dengan legenda Gunung Argopuro.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini