Share

11 Gereja Tertua di Indonesia Sarat Nilai Sejarah, Nomor 2 Berusia Lebih 3 Abad

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2023 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 18 408 2748601 11-gereja-tertua-di-indonesia-sarat-nilai-sejarah-nomor-2-berusia-lebih-3-abad-Tlthl3SkV6.JPG Gereja Merah di Kediri, Jawa Timur (Foto: Instagram/@verandaphotography)

GEREJA merupakan tempat peribadatan umat nasrani dan sudah tersebar hingga ke pelosok negeri. Penyebaran agama kristen tentunya erat kaitan dengan sejarah di masa penjajahan Indonesia oleh beberapa negara.

Bukti sejarah perkembangan agama kristen di Indonesia, dapat dilihat dari kokohnya bangunan gereja bersejarah. Meski terlihat tua, beberapa gereja memiliki nilai arsitektur yang khas sehingga hingga kini.

Nah, berikut Okezone sajikan 11 di antara gereja tertua di Indonesia yang sarat nilai sejarah.

1. Gereja Katedral Santo Petrus, Bandung

Gereja Katedral Santo Petrus atau dikenal dengan gereja Katedral Bandung, yang dirancang Ir. Charles Prosper Wolff Schoemaker dengan gaya arsitektur neo-Gotik akhir.

Gereja tertua yang terletak di Jalan Merdeka, Bandung ini awalnya milik Gereja Santo Fransiskus Regis pada tahun 1895 hingga tahun 1921 gereja ini diperluas seiring dengan berkembangnya kota Bandung.

2. Gereja Sion, Jakarta

Berlokasi di Jalan Pangeran Jayakarta dan Mangga Dua Raya, Gereja Sion merupakan Gereja Portugis atau Portugeesche Buitenkerk, yang memiliki gaya arsitektur klasik.

Gereja Sion

(Foto: Instagram/@areeholic)

Gereja ini selesai dibangun pada 1695, dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Pieter van Hoorn pada 19 Oktober 1663. Setelah itu, dilakukan peresmian gereja dilakukan pada 23 Oktober 1695 oleh Pendeta Theodorus Zas.

Hingga kini gereja masih berfungsi hingga saat ini. karena nilai sejarah yang tinggi, gereja ini telah dilindungi pemerintah lewat SK Gubernur DKI Jakarta CB/11/1/12/1972.

3. Gereja Fidelis Sejiram, Seberuang, Kalimantan Barat

Gereja Fidelis Seram, terletak di Desa Kecil, tepatnya Desa Sejiram di Kalimantan Barat. Dibangun pada tahun 1892, merupakan gereja tertua di Kalimantan Barat. Karena nilai sejarah dan kontribusinya terhadap perkembangan, gereja ini merupakan bangunan bersejarah yang dilindungi oleh pemerintah.

4. Gereja Santa Maria de Fatima, Jakarta

Gereja Santa Maria de Fatima, terletak di Kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, dibangun oleh keturunan Tionghoa bermarga Tjioe pada tahun 1954. Tak perlu heran jika bangunan gereja hingga saat ini, sangat kental dengan gaya arsitektur khas kelenteng Tionghoa.

Karena nilai sejarah dan arsitekturnya, pemerintah menetapkan bangunan gereja Santa Maria de Fatima sebagai bangunan cagar budaya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Gereja Blenduk, Semarang

Gereja ini memiliki nama asli yaitu GPIB Immanuel yang dibangun pada tahun 1753 oleh orang Belanda yang menetap di kota Semarang. Gereja ini terletak di Jalan Letjend. Suprapto, yang merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah.

Nama Blenduk merupakan julukan dari masyarakat setempat yang menggambarkan kubah gereja ini. Di dalamnya kubah dilapisi perunggu dan terdapat orgel Barok. Gereja ini sempat direnovasi pada tahun 1894. Oleh de Wilde, yang menambahkan dua menara di depan gereja.

6. Candi Hati Kudus Yesus, Yogyakarta

Sekilas gereja tertua yang terletak di Yogyakarta ini tampak seperti tempat ibadah umat Hindu yang identik dengan ukiran dan juga stupa candi.

Selain memiliki candi di dalam kompleks gereja, sosok Yesus di gereja ini juga digambarkan sebagai raja Jawa di dalam candi.

Gereja yang didirikan oleh keluarga Schutzer, keluarga Belanda pada tahun 1930 ini memiliki arsitektur yang kental dengan penggarapan budaya Hindu Jawa dengan ajaran kristiani.

Gereja Candi Hati Kudus Yesus

(Foto: Instagram/@hola_giit)

7. Gereja Ayam, Jakarta

Gereja Ayam adalah salah satu ikon gereja tua di Jakarta. Disebut Gereja Ayam karena terdapat kompas berbentuk ayam jago di atap gereja.

Terletak di kawasan Pasar Baru, gereja yang dibangun antara tahun 1913 - 1915 oleh Ed Cuypers dan Hulswit ini merupakan salah satu peninggalan pemerintah kolonial Belanda. dilihat dari konstruksi gereja, terdapat perpaduan yang kuat antara arsitektur Italia dan Portugis.

8. Gereja Immanuel, Jakarta

Gereja Immanuel. dibangun selama empat tahun mulai tahun 1845. tak hanya sarat nilai sejarah bagi perkembangan ajaran kristen, tetapi juga memiliki arsitektur yang sangat indah.

Dengan bentuk bangunan yang melingkar, gereja ini diperkuat dengan pilar-pilar raksasa yang megah, menjadikannya salah satu gereja terindah di Indonesia.

9. Katedral Bogor, Bogor

Gereja yang dulunya bernama Buitenzorg pada masa kolonial dan terletak di Bogor ini merupakan gereja tertua dan paling bersejarah di Indonesia. Gereja yang dibangun pada tahun 1896 ini merupakan gereja dengan nama resmi, Gereja Katedral Santa Perawan Maria.

10. Gereja Merah, Kediri

Dengan gaya arsitektur Gotik, gereja dengan nama asli GPIB Immanuel ini didirikan pada tahun 1904 dengan warna putih gading sebelum dicat merah pada tahun 2005. Tak lama kemudian gereja ini lebih dikenal dengan warna merahnya sebagai Gereja Merah.

Gereja Merah, Kediri

(Foto: Instagram/@lasmariaaass)

11. Gereja Kepanjen, Surabaya

Terakhir yaitu Gereja Kepanjen, yang terletak di Kota Pahlawan, Surabaya. Didirikan pada tahun 1815 disebut dengan Gereja Katolik Kelahiran Perawan Maria, dan dikenal juga sebagai Gereja Kepanjen.

Dilihat dari luar, Gereja Kepanjen mengusung tema gothic dalam arsitekturnya serta dinding bata merah yang sengaja diekspos, membuat gereja ini semakin indah dengan berbagai dekorasi kaca patri yang ada di dalamnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini