Share
Advertisement

Makin Mirip Manusia, Robot Ini Bisa Mengantar, Mengangkat, dan Melempar Benda

Andera Wiyakintra , Jurnalis-Kamis 19 Januari 2023 18:45 WIB
Makin Mirip Manusia, Robot ini Bisa Mengantar, Mengangkat, dan Melempar Barang
Makin Mirip Manusia, Robot ini Bisa Mengantar, Mengangkat, dan Melempar Barang
A
A
A

Bisa dibilang, Boston Dynamics adalah pemimpin di dalam dunia robotika. Mereka merancang dan memproduksi robot dengan berbagai kemampuan dan desain yang luar biasa.

Perusahaan ini berbasis di Waltham, Massachusetts dan didirikan pada tahun 1992. Perusahaan yang terdiri dari para insinyur-insinyur berbakat ini telah memproduksi berbagai robot seperti, BigDog, Spot, Stretch, dan Handle.

Dalam video yang diunggah di kanal Youtube resmi mereka, Boston Dynamic memperlihatkan bagaimana robot terbaru mereka yang bernama Atlas, bisa melakukan gerakan-gerakan “manusia” yang cukup kompleks dengan hampir sempurna.

BACA JUGA:Kafe Robot Supermodel Pertama di Dunia Bakal Dibuka di Dubai

Robot humanoid itu mampu menavigasi medan yang cukup terjal dengan mudah sambil berjalan dengan dua kaki, benar-benar mirip manusia.

Melalui serangkaian sensor dan kamera yang rumit, Atlas memetakan sekelilingnya dan membaca rintangan. Dalam video tersebut, robot Atlas terlihat mengambil sebuah papan dan membuat jembatan untuk berjalan di antara dua platform.

Makin Mirip Manusia, Robot Ini Bisa Mengantar, Mengangkat, dan Melempar Benda

Ia melakukannya sambil memegang sebuah tas peralatan. Atlas kemudian dengan mudah berjalan melintasi papan tersebut dan melemparkan tas peralatan yang tadi dibawa ke orang di atas perancah. Perusahaan menyebut gerakan ini sebagai inverted 540 degree multi axis flip.

Tidak berhenti sampai di situ, robot tersebut melakukan backflip dari platform sebelum mendarat dengan sempurna di atas kakinya lagi.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement