Share

4 Tempat Keluarnya Dajjal Sesuai Riwayat Hadits, di Mana Saja?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2023 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 19 614 2749324 4-tempat-keluarnya-dajjal-sesuai-riwayat-hadits-di-mana-saja-P31M725o8z.jpg Ilustrasi tempat-tempat munculnya Dajjal pada akhir zaman kelak. (Foto: Pixabay)
A A A

KEMUNCULAN Dajjal pada akhir zaman nanti sudah tertulis di dalam Alquran dan hadits. Kelak nantinya menjadi salah satu hal yang wajib diwaspadai umat manusia.

Nantinya Dajjal akan mengaku-ngaku sebagai Tuhan. Dia seolah-olah membawa kenikmatan, kemudian menyesatkan orang tidak beriman.

BACA JUGA:Bacaan Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajjal, Diamalkan saat Tasyahud Akhir Sholat 

Selain itu, ada sejumlah riwayat yang menyebut tempat munculnya Dajjal. Bahkan pada zaman modern ini sudah cukup banyak yang mendokumentasikan gambaran wilayah datangnya Dajjal.

Ada juga tempat yang tidak mungkin dimasuki Dajjal, yakni kota suci Makkah dan Madinah. Wilayah tersebut benar-benar dilindungi, sehingga hanya orang-orang beriman yang dapat memasukinya. 

Ilustrasi Dajjal. (Foto: Istimewa/Okezone)

Dalam hadits Fathimah bin Qois radhiyallahu ‘anha disebutkan bahwa Dajjal mengatakan:

فَأَخْرُجَ فَأَسِيرَ فِى الأَرْضِ فَلاَ أَدَعَ قَرْيَةً إِلاَّ هَبَطْتُهَا فِى أَرْبَعِينَ لَيْلَةً غَيْرَ مَكَّةَ وَطَيْبَةَ فَهُمَا مُحَرَّمَتَانِ عَلَىَّ كِلْتَاهُمَا كُلَّمَا أَرَدْتُ أَنْ أَدْخُلَ وَاحِدَةً أَوْ وَاحِدًا مِنْهُمَا اسْتَقْبَلَنِى مَلَكٌ بِيَدِهِ السَّيْفُ صَلْتًا يَصُدُّنِى عَنْهَا وَإِنَّ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلاَئِكَةً يَحْرُسُونَهَا

Artinya: "Aku akan keluar dan menelusuri muka bumi. Tidaklah aku membiarkan suatu daerah kecuali pasti aku singgahi dalam masa 40 malam selain Makkah dan Thoybah (Madinah Nabawiyyah). Kedua kota tersebut diharamkan bagiku. Tatkala aku ingin memasuki salah satu dari dua kota tersebut, malaikat menemuiku dan menghadangku dengan pedangnya yang mengilap. Dan di setiap jalan bukit ada malaikat yang menjaganya."

Sebagaimana telah Okezone himpun, berikut ini empat tempat keluarnya Dajjal.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Fisik Dajjal seperti Dijelaskan Rasulullah 

1. Baab Ludd

Kemunculan Dajjal di Iran tertuang dalam hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِن يَخْرُجِ الدَّجَّالُ وَأَنَا حَيٌّ كَفَيْتُكُمُوهُ وَإِنْ يَخْرُجِ الدَّجَّالُ بَعْدِي فَإِنَّ رَبَّكُمْ عَزَّ وَجَلَّ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَإِنَّهُ يَخْرُجُ فِي يَهُودِيَّةِ أَصْبَهَانَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمَدِينَةَ فَيَنْزِلَ نَاحِيَتَهَا وَلَهَا يَوْمَئِذٍ سَبْعَةُ أَبْوَابٍ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلَكَانِ فَيَخْرُجَ إِلَيْهِ شِرَارُ أَهْلِهَا حَتَّى يَأْتِيَ الشَّامَ بِبَابِ لُدٍّ فَيَنْزِلَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلام فَيَقْتَلَهُ ثُمَّ يَمْكُثَ عِيسَى عَلَيْهِ السَّلَام فِي الْأَرْضِ أَرْبَعِينَ سَنَةً إِمَامًا عَدْلاً وَحَكَمًا مُقْسِطًا

Artinya: "Kalau dia muncul sementara aku masih hidup di tengah kalian, aku yang menghadapinya. Tapi kalau dia muncul setelah aku meninggal, ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidaklah buta mata sebelah kirinya. Dajjal itu akan muncul dari kalangan kaum Yahudi Ashfahaan, hingga dia mendatangi Kota Madinah, lalu dia berhenti di luarnya. Saat itu Madinah punya tujuh pintu. Pada setiap jalan ada dua malaikat yang menjaga. Kemudian para penduduknya yang jahat akan keluar, bergabung dengannya (Dajjal), hingga dia tiba di Syam, di daerah bernama Baab Ludd. Kemudian Isa bin Maryam turun dan membunuh Dajjal. Isa akan hidup di bumi selama empat puluh tahun, menjadi seorang pemimpin dan imam yang adil." (HR Ahmad) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Antara Syam dan Irak

Kemunculan Dajjal selanjutnya adalah jalan antara Syam dan Irak. Nantinya Dajjal akan melakukan kerusakan di wilayah tersebut, sebagaimana dalam riwayat hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إنَّهُ يَخْرُجُ مِنْ خَلَّةٍ بَيْنَ الشَّامِ وَالْعِرَاقِ فَعَاثَ يَمِينًا وَعَا شِمَالاً يَا عِبَادَ الله البتوال

Artinya: "Dia akan keluar dari sebuah jalan antara Syam dan Irak. Kemudian dia melakukan perusakan ke tempat-tempat di sekitarnya. Wahai hamba-hamba Allah, teguhlah pada keyakinan agama kalian." (HR Muslim, Abu Dawud, dan Hakim dari An-Nawwas bin Sam'an)

3. Kota Marw

Dalam salah satu riwayat menyebutkan bahwa Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah mengungkapkan Dajjal akan muncul di Kota Marw yang ada di Irak. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Dajjal akan muncul dari Kota Marw, dari kalangan Yahudi kota itu." Abdullah bin Amru bin Ash lalu bertanya kepada seorang laki-laki yang tinggal di Irak, "Di negeri kalian ada sebuah wilayah yang bernama Kuutsi, yang mempunyai danau asin dan pohon kurma?" Orang itu menjawab, "Ya, ada." Abdullah melanjutkan, "Dari sanalah Dajjal akan muncul." (HR Thabrani)

4. Khurasan

Dajjal juga akan muncul di Khurasan, yakni daerah bagian timur. Nantinya ia akan diikuti oleh sejumlah kelompok yang wajahnya bak perisai. Sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

يَخْرُجُ مِنْ أَرْضِ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الْمَجَانُ الْمُطْرَقَةُ

Artinya: "Dajjal akan keluar dari daerah timur yang bernama Khurasan. Dia akan diikuti oleh orang-orang yang berwajah seperti perisai." (HR Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim)

Wallahu a'lam bishawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini