Share

7 Jalur Masuk Universitas Brawijaya 2023, Ada Tanpa Tes

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 19 Januari 2023 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 19 65 2749360 7-jalur-masuk-universitas-brawijaya-2023-ada-tanpa-tes-ZaWftFpgIU.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- 7 jalur masuk Universitas Brawijaya 2023 memang menarik untuk dibahas. Perguruan tinggi yang ada di Malang, Jawa Timur ini menjadi salah satu kampus yang banyak diminati.

Tak sedikit calon mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia menjadikan kampus ini sebagai pilihan utama dalam melanjutkan pendidikan. Bahkan, sebagian dari mereka rela berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi bagian dari Universitas Brawijaya (UB).

Di tahun ajaran 2023/2024 ini, ada 7 jalur masuk UB yang bisa dilewati para calon mahasiswa. Adapun ketujuh jalur tersebut sebagai berikut.

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Pada 2023 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Seperti tahun-tahun sebelumnya, siswa yang mengikuti seleksi SNBP 2023 hanya diseleksi melalui nilai rapor dan tidak melalui tes tertulis. Tentunya juga gratis biaya pendaftaran.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Sama halnya dengan SNMPTN, sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Siswa yang memilih jalur ini harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pada 2023 ini, ketentuan kembali berubah dengan hanya akan menggunakan Tes Potensi .

3. Skolastik atau TPS

Seleksi Mandiri UB untuk D3, D4 dan S1 dengan nilai UTBK

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) adalah seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

4. Seleksi Mandiri UB dengan Nilai Rapor

Tak hanya menggunakan nilai UTUBK, SMUB juga ada yang berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan yang berlaku. Nilai rapor yang diperhitungkan adalah nilai mata pelajaran matematika (Wajib), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Wajib) dan rata-rata nilai mata pelajaran yang sesuai peminatan saat SMA, jurusan yang diambil, dan kompetensi.

5. Seleksi Mandiri UB dengan Prestasi

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi (SMUB Jalur Prestasi) menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. Tak hanya juara lomba, hafidz dan hafidzah Al Qur’an minimal 10 Juz yang dibuktikan dengan surat sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel juga bisa mengikuti seleksi jalur ini.

6. Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD)

Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Panitia SMPD melakukan rangkaian seleksi terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih.

7. Seleksi Mandiri UB Vokasi

Sama halnya dengan seleksi mandiri jalur rapor bagi S1, untuk calon mahasiswa vokasi UB juga menyeleksi siswa berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan.

Itulah 7 jalur masuk Universitas Brawijaya 2023 yang tak banyak orang tahu.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini