Share

4 Lampu Merah dengan Durasi Terlama di Indonesia, Yakin Bisa Sabar?

Cahyo Yulianto, MNC Portal · Kamis 19 Januari 2023 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 19 86 2749428 4-lampu-merah-dengan-durasi-terlama-di-indonesia-yakin-bisa-sabar-wV8CFJN0b1.jpg Lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia. (Foto ilustrasi: Freepik)

DERETAN lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia dan kerap membuat pengendara kesal. Regulasi terkait keberadaan lampu lalu lintas ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. 

Dalam regulasi itu dijelaskan, lampu merah merupakan bagian dari Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang merupakan perangkat elektronik dengan isyarat lampu dan bunyi. Ia berfungsi mengatur lalu lintas di persimpangan dan ruas jalan. 

Lebih spesifik, keberadaan lampu merah juga diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2014. Di dalamnya diatur bahwa APILL dengan lampu tiga warna: merah, kuning, dan hijau, digunakan untuk mengatur gerak kendaraan. 

Umumnya, lampu merah mengharuskan pengendara untuk berhenti dan menunggu selama 100 detik. Namun, ada pula beberapa lampu merah dengan durasi terlama dan kerap membuat pengendara kesal. Berikut ulasannya. 

1.Lampu Merah Pingit, Yogyakarta

Lampu merah dengan durasi terlama yang pertama terdapat di Simpang Empat Pingit di Yogyakarta. Durasi lampu merah di persimpangan ini mencapai 2 menit 56 detik, sedangkan durasi lampu hijaunya hanya 50 detik.

Lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia. (Foto: Freepik)

Lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia. (Foto ilustrasi: Freepik)

Selain karena area persimpangan, lamanya durasi lampu merah di Pingit juga disebabkan kondisinya yang merupakan jalur vital. Volume kendaraan cukup tinggi karena menjadi titik masuknya kendaraan dari Jalan Magelang dan Jalan Godean.

2.Lampu Merah Margorejo, Surabaya

Persimpangan Margorejo, Surabaya juga menjadi lampu merah dengan durasi terlama, mencapai 300 detik alias 5 menit. Hal ini karena kawasan tersebut merupakan simpang enam sekaligus perlintasan rel kereta api.

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berhenti di Lampu Merah

BACA JUGA: Terobos Lampu Merah, 2.850 Pengendara Ditilang 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3.Lampu Merah Kalibanteng, Semarang

Sama seperti Margorejo, simpang Kalibanteng di Semarang juga merupakan simpang enam dengan durasi perhentian mencapai 300 detik atau 5 menit. Sementara, durasi lampu hijaunya berbeda-beda. Dari Jalan Abdurrahman Saleh, durasi lampu hijau sekitar 25 detik.

Lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia. (Foto: Freepik)

Lampu merah dengan durasi terlama di Indonesia. (Foto ilustrasi: Freepik)

Sedangkan dari Jalan Pamularsih mencapai 35 detik, dilanjutkan Jalan Siliwangi sekitar 152 detik. Dari arah Jalan Sudirman lampu hijau sekitar 25 detik, sementara dari Jalan RE Martadinata 25 detik, dan dari arah Bandara Ahmad Yani sekitar 10 detik.

4.Lampu Merah Kiaracondong, Bandung

Lampu merah dengan durasi terlama terakhir adalah persimpangan Kiaracondong di Bandung. Durasi lampu merah di persimpangan ini mencapai 720 detik atau sekitar 12 menit, dengan durasi lampu hijau selama 97 detik.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini