Share

Alasan Rowo Bayu di Banyuwangi Terkenal Angker, Ada Petilasan Prabu Tawang Alun hingga Makam Kuno

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 408 2751755 alasan-rowo-bayu-di-banyuwangi-terkenal-angker-ada-petilasan-prabu-tawang-alun-hingga-makam-kuno-0wX9xGtMMX.JPG Salah satu mata air di Rowo Bayu, Banyuwangi, Jawa Timur (Foto: Instagram/@dicoahdian)

ROWO Bayu di Banyuwangi mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Terlebih usai tempat ini banyak dicari setelah diduga sebagai lokasi mistis di kisah KKN Desa Penari.

Sementara itu, Rowo Bayu ini merupakan telaga dengan banyak sumber mata air di lereng Gunung Raung. Tempat ini berlokasi di Desa Bayu, Kecamatan Songon, Banyuwangi.

Rowo Bayu sendiri merupakan tempat wisata alam yang menyuguhkan ketenangan dan suasana yang damai. Tempat ini berada 45 kilometer dari Kota Banyuwangi dan akan memakan jarak tempuh 1,5 jam.

Jika berkunjung, suasana alam dan kesunyian di tempat ini akan sangat terasa. Tak heran, jika Rowo Bayu ini kerap kali terkenal mistis dan angker.

Rowo Bayu
(Foto: Instagram/@dicoahdian)

Lantas, apa alasan Rowo Bayu di Banyuwangi ini terkenal dengan keangkerannya?

Rowo Bayu begitu dikenal sebagai telaga yang memiliki nuansa alam yang begitu kental. Di tempat ini, Anda bisa menemukan banyaknya pohon tua dan besar yang membuat suasana semakin mencekam.

Tak hanya itu, di telaga ini juga terdapat petilasan Prabu Tawang Alun. Ada pula candi hingga makam kuno yang berada di sekitar Rowo Bayu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Konon, sosok Prabu Tawang Alun ini dianggap sebagai orang yang begitu berjasa dan sering bertapa di Rowo Bayu. Karenanya, banyak masyarakat percaya bahwa tempat ini sakral dan membawa keberkahan.

Infografis Wisata Populer di Indonesia

Petilasan tersebut juga masih sering dikunjungi warga untuk sekadar melihat bahkan berdoa. Mereka juga meletakkan wewangian seperti dupa sehingga membuat aura mistis di Rowo Bayu semakin kuat terasa.

Selain itu, Rowo Bayu juga masih menjadi tempat warga untuk melaksanakan ritual. Bahkan, ada pula yang percaya bahwa Prabu Tawang Alun masih berada di petilasan itu namun tidak kasat mata.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini