Share

Cantiknya Ranu Regulo, Danau Indonesia dengan Vibes Eropa

Melati Pratiwi, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 408 2752081 cantiknya-ranu-regulo-danau-indonesia-dengan-vibes-eropa-hm0b7w98VR.jpg Ranu Regulo di Lumajang, Jawa Timur. (Foto: indonesia-tourism.com)

TAK perlu melangkah jauh sampai ke Eropa untuk menikmati panorama danau yang cantik luar biasa. Indonesia jagonya urusan danau menawan, salah satunya Ranu Regulo.

Terletak di Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Danau Ranu Regulo tak kalah eksotis dibandingkan Ranu Kumbolo yang sangat masyhur di kalangan wisatawan.

Ranu Regulo dengan air jernih biru kehijauan di kelilingi deretan pepohonan cemara sungguh sangat mengagumkan. Rasanya rasa lelah demi menjangkau situs wisata alam ini akan langsung terbayarkan.

 BACA JUGA:10 Danau Terindah di Indonesia, Suguhkan Pemandangan Spektakuler Bikin Adem

Camping di Ranu Regulo

Mengunjungi Ranu Regulo tak hanya sekedar bisa duduk-duduk di pinggir danau. Jika ingin menikmatinya lebih lama, camping bisa jadi pilihan terbaik.

 Ilustrasi

Ranu Regulo (Instagram @ahmad_anjarwicaksono)

Udara disana begitu sejuk lantaran berada di ketinggian 2.100 mdpl. Ranu Regulo sendiri adalah bagian kecil dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bagi wisatawan yang tak begitu kuat mendaki ke Gunung Semeru, ada baiknya untuk menghabiskan waktu dengan camping. Jangan khawatir, lokasi pendirian tenda di sana sangat luas dan tanahnya relatif landai.

 BACA JUGA:Sajikan Pemandangannya Spektakuler, Ini 5 Danau Paling Indah di Indonesia

Bayangkan kamu duduk di depan tenda, menyeruput kopi sambil menatap danau yang dikelilingi hutan serta kabut-kabut tipis, apa masih kurang sempurna?

Jika kamu mantap mendirikan tenda di sekitar Ranu Regulo, pastikan kamu membawa makanan dan minuman yang cukup. Tidak ada warung makan yang berdiri di sana, jadi jangan sampai rasa lapar menghantuimu selama berkemah.

 

Tidak Dianjurkan Berenang

Melihat jernihnya air Ranu Regulo, tak menutup kemungkinan kamu bakal terbesit keinginan untuk terjun dan berenang di sana. Tapi sebaiknya buang jauh-jauh pikiran itu.

Kenapa? air danau Ranu Regulo terbilang sangat dingin. Selain itu, tingkat kedalamannya pun cukup tinggi.

Sebagai gantinya, lebih baik kamu sekedar menatap keindahan danau yang seakan berubah warna keemasan karena terkena pantulan matahari pagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa merasakan keindahan Ranu Regulo, wisatawan perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tenang, mengutip dari salsawisata.com , haraganya cukup terjangkau yakni Rp 29.000 untuk weekdays dan Rp 34.000 di akhir pekan.

Sementara itu, ada pula biaya parkir kendaraan bermotor yang dipatok mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000 saja.

 Ilustrasi

Rute Menuju Ranu Regulo

Bagi yang hendak berwisata ke Ranu Regulo, kamu bisa memilih rute keberangkatan dari Malang. Tapi, rute ini sebenarnya cukup memakan waktu karena harus melalui Tumpang dan lanjut ke Desa Ranu Pani.

Dari Malang menuju Tumpang hanya membutuhkan waktu 30 sampai 40 menit saja. Setelah itu baru lah perjalanan panjang ke Desa Ranu Pani yang menghabiskan waktu sampai 2 jam lamanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini