Share

5 Fakta Menarik Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung, Wisata Sejarah Peradaban Manusia

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 408 2752177 5-fakta-menarik-taman-purbakala-pugung-raharjo-lampung-wisata-sejarah-peradaban-manusia-Habfxjk3tB.jpg Punden Berundak Taman Pugung Raharjo di Lampung Timur: Foto: Dok BPCB Serang)

TAMAN Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Tempat wisata sejarah peradaban manusia di Nusantara ini punya banyak keunikan.

Berikut fakta-fakta menarik tentang Taman Purbakala Pugung Raharjo dari sejarah hingga lokasinya :

1. Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo

 

Situs Pugung Raharjo ditemukan pada 1957 oleh penduduk setempat. Terdiri atas warga transmigran saat melakukan penebangan hutan. Beberapa penebang, yakni Barno Raharjo, Sardi, Karjo dan Sawal melaporkan hasil penemuan tersebut kepada Dinas Purbakala. Salah satu dari temuan awal tersebut terlihat arca yang dikenal sebagai arca, di mana cirinya masa klasik dan berlanggam Budhis.

 BACA JUGA:5 Fakta Benteng Pendem, Wisata Sejarah yang Estetik di Ngawi

Sebelumnya terungkap adanya megalitik di Sumatera telah banyak dilakukan para pakar jauh sebelum Indonesia merdeka. Di antaranya Tombrink, Steinmetz, Ullman, Schnitger, Van der Hoop dan Funke. Akan tetapi Pugungraharjo yang ditemukan oleh para transmigran itu, tidak dikenal oleh para peneliti tersebut.

Pada 1968 dilakukanlah penelitian awal oleh Lembaga Purbakala yang dipimpin oleh Drs. Buchori. Pada tahun 1973, Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional, yang mana bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University.

Saat itu melakukan pencatatan dan pendokumentasian kepurbakalaan Pugung Raharjo, hasilnya dituangkan ke dalam Laporan Penelitian Sumatera.

 

Kemudian penelitian tersebut terus berlanjut, hingga pada 1980 dilakukan ekskavasi, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kompleks megalitik Pugung Raharjo memiliki luas sekitar 25 ha. Pada 1977/1978 - 1983/1984 dilakukan pemugaran di situs Pugungraharjo oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Pembinaan Sejarah dan Purbakala, melalui Proyek Pembinaan dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Lampung.

2. Daya Tarik

Terdapat daya Tarik dari objek wisata Taman Purbakala ini yaitu, sejarah dari adanya situs tersebut. Di mana Anda dapat mengetahui, mempelajari, sekaligus menambah wawasan luas tentang adanya sejarah dari penemuan berharga tersebut.

 BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Cocok Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Jika dilihat dari hasil penemuannya yang berada dalam satu area situs tersebut, dari zaman prasejarah, klasik (Hindu-Budha), hingga kurun Islam, ini jarang terjadi di daerah lain di Indonesia.

Situs satu ini terbuat dari keramik atau bebatuan yang tak biasa. Terdapat sebaran keramik yang ditemukan di situs Pugungraharjo cukup luas, di mana benda tersebut umumnya mulai dari abad ke-8, hingga abad ke-17 Masehi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keramik asing yang ditemukan di situs di area bersejarah ini, berasal dari Dinasti Tang, Cing, Sung, dan Ming. Bukti tersebut menunjukkan, bahwa perdagangan atau pelayaran di abad 10 hingga abad 16 Masehi di kawasan Way Sekampung sangat ramai. Tak hanya itu saja, melalui Way Sekampung inilah diduga sebagai jalur masuknya Islam ke Lampung Tengah. Mengingat ditemukannya medallion Sam Pho Khong di daerah ini.

Oleh karena itu Taman Purbakala ini sangat cocok sebagai destinasi wisata edukasi, khususnya untuk ana-anak yang sangat membutuhkan pengetahuan sejarah lebih luas. Hal ini pun akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang, serta melatih kemampuan otaknya.

3. Spot Menarik

Bukan hanya mengenal sejarah dan jadi sarana wisata edukasi saja. Taman Purbakala Pugung Raharjo terdapat spot-spot menarik dan Instagramable di setiap sudutnya, cocok bagi Anda pecinta fotografi.

 Ilustrasi

Pemandangan di sekitar Taman Purbakala Pugung Raharjo juga cukup memesona. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang bisa memanjakan mata, udaranya sejuk, bisa untuk healing lho.

4. Fasilitas yang Tersedia

Kemudian di kawasan Taman Purbakala Pugung Raharjo ini fasilitasnya juga mumpuni. Terdapat area parkir kendaraan roda dua, roda empat hingga bus juga cukup memadai.

Selain itu mushola, toilet, hingga penginapan juga ada di sekitar Taman Purbakala Pugung Raharjo. Jadi Anda tidak perlu kebingungan jika ingin sholat, buang hajat, dan juga bermalam di sini.

5. Lokasi dan Rute Wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo

Obyek Wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur Lampung terletak di Pugung Raharjo, Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Lokasinya sudah bisa Anda cari di maps, sehingga tidak perlu khawatir tersesat jika ingin menuju tempat ini.

Lantas bagaimana cara menuju Taman Purbakala Pugung Raharjo ini? Anda bisa memulai dari Pasar Pugung Raharjo , Lampung karena jaraknya cukup dekat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja.

Sementara itu jika berangkat dari Kota Bandar Lampung, membutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda empat. Saat menuju Taman Purbakala Pugung Raharjo, Anda akan melewati Pasar Purwodadi Simpang, Tugu Perbatasan Lampung Timur-Lampung Selatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini