Share

20 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Keren Tak Bikin Kantong Jebol

Prisca Arianto, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 408 2752197 20-tempat-wisata-gratis-di-bandung-keren-tak-bikin-kantong-jebol-Buk1lUfMQ2.jpg Jalan Djuanda atau Dago Kota Bandung. (Foto: SINDOnews)

BANDUNG salah satu daerah tujuan wisata populer di Jawa Barat. Memiliki beragam tempat wisata menarik, Bandung selalu ramai wisatawan terutama saat akhir pekan maupun hari libur nasional.

Pesona Bandung yang memikat membuat pengunjung betah berlama-lama. Rasanya sayang sekali jika liburan tapi tidak mengunjungi Bandung. Apalagi di Bandung banyak sekali tempat wisata gratis tanpa menguras isi kantong Anda.

Tentunya tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati waktu liburan bersama keluarga dan pasangan. Meskipun gratis tempat-tempat ini sangat bagus dan instagramable.

Berikut tempat wisata gratis di Bandung sebagaimana yang dirangkum Okezone.

 BACA JUGA:5 Destinasi Ideal Buat Rayakan Imlek di Jakarta, Yuk Main ke Kampung China hingga Berburu Kuliner

1. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota Bandung merupakan salah satu tempat wisata gratis di Bandung. Berlokasikan di Jalan Wastukencana No, 2 Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Taman Balai Kota Bandung memiliki nuansa yang cukup sejuk, sehingga cocok digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Salah satu sisi unik dari Balai Kota ini adalah terdapat spot unik yang dinamai masyarakat setempat sebagai gembok cinta.

 Ilustrasi

2. Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung adalah salah satu tempat nongkrong terbaru d Bandung. Terletak di Jalan Aceh, No.53 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki konsep tematik dan sejarah.

Salah satu keunikan dari tempat ini adalah Anda bisa melihat berbagai relief dan stiker mengenai sejarah para pemimpin Bandung dari masa ke masa, mulai dari prasejarah, musim penjajahan, hingga masa sekarang. Taman Sejarah ini merupakan salah satu tempat wisata gratis di Bandung yang bernilai edukatif bagi anak-anak.

3. Taman Jomblo (Taman Pasupati)

Taman Jomblo (Taman Pasupati) merupakan taman yang terletak tepat di bawah Jembatan Pasupati yang berada di Jl. Taman Sari No.66 di daerah Lebak Siliwangi, Coblong Bandung. Taman jomblo (taman pasupati) merupakan taman yang dikhususkan nongkrong bagi anak muda di Bandung.

Nama jomblo yang awalnya disematkan pada taman ini berasal dari desain kursi yang hanya dikhususkan untuk duduk satu orang saja. Karena itulah masyarakat setempat menamai taman ini dengan sebutan taman jomblo.

Taman ini terbilang cukup unik dan berbeda dari taman lainnya karena terdapat bangku untuk duduk dan tersedia berbagai fasilitas seperti lapangan skateboard bertaraf internasional serta fasilitas gym.

4. Taman Vanda

Taman Vanda merupakan salah satu tempat nongkrong gratis di Bandung. Taman yang awalnya bernama Taman Dollar ini berlokasikan di Jl.Merdeka No. 9, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Jawa Barat. Jika Anda mengunjungi taman ini, maka waktu terbaiknya adalah pada malam hari.

Pemandangan pada malam hari di taman Vanda sangat bagus untuk dijadikan tempat berfoto. Anda bisa menyaksikan cahaya berwarna warni yang menghiasi air mancur yang berada di tengah-tengah taman.

 Ilustrasi

Taman Vanda Bandung (Sindonews)

5. Taman Fotografi

Taman Fotografi merupakan salah satu tempat wisata gratis di Bandung yang sengaja dibangun oleh pemerintah untuk mewadahi bakat-bakat di bidang fotografi yang ada pada pemuda Bandung. Terletak di Jl. Kemuning No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, taman ini sangat cocok bagi Anda yang bergelut di dunia fotografi.

Taman ini biasa dijadikan tempat berkumpulnya para fotografer yang ada di Bandung maupun dari kota sekitarnya. Anda bisa bertemu dan saling berbagi dengan para fotografer yang memiliki kesamaan passion di sini.

6. Sentra Taman Musik

Taman Musik Centrum merupakan tempat wisata gratis di Bandung yang cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang menyukai dunia musik dan seni. Berlokasikan di Jl. Belitung, Merdeka, Sumur Bandung, Taman ini pada awalnya khusus dibuat sebagai tempat berkreasi pada penggiat seni terutama seni musik yang ada di Bandung.

Namun sekarang tempat ini telah dibuka untuk umum dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki. Taman Musik Centrum biasa digunakan sebagai tempat untuk mengadakan pagelaran seni dan konser band lokal yang ada di Bandung.

Tidak hanya itu, taman ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari tempat duduk, wifi gratis, dan penerangan di malam hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. Jalan Braga dan Asia Afrika

 

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata belanja di tempat yang paling populer di Bandung, maka Jalan Braga dan Asia Afrika adalah tujuan yang harus Anda kunjungi. Tempat ini termasuk salah satu destinasi yang paling diminati di Kota Bandung, terutama bagi mereka yang hobi belanja.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai barang-barang menarik hingga peralatan unik yang cocok untuk dijadikan oleh oleh. Tidak hanya itu, pemandangan yang ada di sekitar Jalan Braga dan Asia Afrika juga sangat menarik, sehingga cocok untuk Anda yang hanya ingin menghabiskan waktu sambil berfoto-foto.

8. Taman Hewan Peliharaan

Jika Anda termasuk salah satu penyayang hewan maka tempat ini akan menjadi sangat menarik. Tempat wisata gratis di Bandung yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Pet Park. Tempat Ini merupakan taman yang khusus dibuat untuk hewan peliharaan. Pet Park merupakan taman hasil pembangunan dari program pemerintah Kota Bandung untuk mewadahi para pecinta hewan yang ada di Bandung.

Terletak di daerah Bandung Wetan, Jl. Ciliwung No.14, Kota Bandung, Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan Anda dan menjalin pertemanan. Pet Park juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap mulai dari kandang khusus, taman bermain untuk hewan, jogging track, dan berbagai perlengkapan hewan peliharaan lainnya.

9. Gedung Sate

Gedung Sate merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Bandung. Gedung ini memiliki desain arsitektur bergaya Eropa, dan merupakan salah satu landmark di Kota Bandung yang wajib Anda kunjungi.

 Ilustrasi

Gedung Sate (IG @gedungsate)

Terletak di Jalan Diponegoro, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung. Salah satu ciri unik dari gedung ini yaitu adanya menara berbentuk tusuk sate yang ada di bagian depan bangunan ini. Meskipun sudah berusia hampir 1 abad, namun Gedung Sate masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik.

10. Bukit Teletubbies

Berlokasikan di Tanjungwangi Cicalengka, Kabupaten Bandung, Anda bisa menikmati keindahan alam di sebuah bukit asri yang menghijau, sehingga dijuluki sebagai bukit teletubbies,

Di sini Anda bisa menemukan sebuah situs keren yang menakjubkan karena mirip dengan bentuk bukit dalam seri kartun teletubbies dahulu.Jika Anda mengunjungi bukit ini sore hari, maka Anda akan disuguhkan pemandangan indah dengan sunset yang menakjubkan.

11. Taman Film

Tempat wisata gratis di Bandung selanjutnya adalah Taman Film. Terletak di Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Taman ini memang dibuat khusus bagi mereka para pecinta dunia Film. Nongkrong di Taman Film bisa menjadi aktivitas yang sangat mengasyikkan untuk menghabiskan waktu luang.

Taman ini bisa memuat hingga ratusan orang sehingga aktivitas nonton bareng akan terasa lebih seru, dengan tempat duduk yang cukup nyaman karena dilengkapi dengan rumput sintetis.

12. Kampung Cibunut

Kampung Cibunut merupakan sebuah perkampungan kreatif yang dikenal sebagai kampung warna-warni yang kece. Terletak di Jl. Cibunut, Kb Pisang Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Anda bisa mengunjungi kampung Cibunut untuk menghabiskan waktu liburan di Bandung.

Ada banyak spot foto Instagramable yang sayang untuk Anda lewatkan,karena terdapat lebih dari 500 unit rumah yang dicat berwarna warni dengan indah yang layak untuk kalian abadikan dalam lensa kamera atau ponsel kalian.

13. Taman Hutan Babakan Siliwangi

Taman Hutan Babakan Siliwangi merupakan sebuah taman yang asri dan hijau yang menawarkan keindahan alam yang masih terjaga. Terletak di Jl. Tamansari No. 90, Lb. Siliwangi, Kec.Coblong, Kota Bandung Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat 'sembunyi' dari hiruk pikuk keramaian kota yang menyesakkan dada.

14. Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu merupakan salah satu objek wisata yang sedang hits dan gratis tentunya. Terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Anda bisa berfoto dari atas tebing untuk melihat keindahan alam yang menakjubkan. DI sini juga tersedia berfoto dengan menggunakan hammock dengan budget Rp100.000 per orang.

15. Taman Cemara ala Bukit Jamur Rancabolang

Tempat wisata gratis di Bandung selanjutnya adalah taman cemara ala bukit Jamur Rancabolang. Terletak di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung, Anda bisa menikmati pesona pohon cemara yang mirip seperti jamur raksasa yang ditata dengan cantik sehingga sangat instagramable.

 

16. Goa Purba ala Sanghyang Poek

Tempat wisata gratis di Bandung selanjutnya Goa Purba ala Sanghyang Poek. Anda bisa mengunjungi Goa Purba ala Sanghyang Poek yang terletak di Kampung Cipanas, Rajamandala, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Di situs Purbakala ini, Anda dapat menyaksikan bebatuan yang masih natural dan alami. Tidak hanya itu, kondisi bebatuan yang masih alami juga menjadi keindahan dari Sanghyang Poek.

17. Sanghyang Tikoro

Objek wisata satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Anda tidak akan dikenakan biaya masuk untuk menikmati pesona keindahan alamnya sambil bersantai di pinggir air. Terletak di Jl. PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk bisa sampai di lokasi Sanghyang Tikoro ini, Anda harus melewati jalan yang terjal.

18. Alun-alun Bandung

 

Alun-alun Bandung bisa menjadi pilihan rekreasi untuk Anda bersama keluarga yang sedang berada di pusat kota Bandung. Terletak di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat, alun-alun Bandung terletak di depan Masjid Raya. Anda bisa bermain sepuasnya di atas rumput sintetis yang sangat luas, sekadar duduk-duduk,dan berbaring.

19. Puncak Ciumbuleuit

 

Tempat wisata gratis di Bandung selanjutnya adalah Puncak Ciumbuleuit. Berada di ketinggian sekitar 1000 m, Anda bisa merasakan sensasi udara yang sejuk dan menyegarkan. Berlokasikan di Jl. Pagerwangi, Punclut, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung, Puncak Ciumbuleuit juga menjadi tempat anak-anak muda menghabiskan waktu mereka.

 Ilustrasi

20. Hutan Pinus Rahong

Tempat wisata gratis yang lagi hits di Bandung selanjutnya adalah Hutan Pinus Rahong. Berada di Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, di sini Anda akan disuguhkan panorama indah alam hutan lindung. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai wahana permainan mulai dari arum jeram, paintball, tracking, hingga offroad.

Itulah 20 tempat wisata gratis di Bandung.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini