Share

Mengukur Jumlah Kalori yang Harus Dibakar Untuk Menurunkan 1 kg Berat Badan

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 07:23 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

MENGUKUR jumlah kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg berat badan penting untuk diketahui. Sebab, pembakaran kalori bisa selalu terjadi dalam tubuh.

Tubuh dalam keadaan keadaan aktif akan membakar kalori lebih banyak. Penurunan berat badan terjadi jika kalori yang terbakar lebih banyak dari asupan kalori. Lantas bagaimana mengukur jumlah kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg berat badan?

Kalori

Dilansir dari Body Wise ada sekitar 7700 kalori dalam 1 kg lemak. Secara teoritis, untuk menurunkan 1 kg berat badan maka defisit 7700 kalori dalam tubuh perlu dilakukan. Seseorang dapat melakukannya dalam satu hari tanpa makan apapun dan terus berolahraga.

The Body Transformation Academy memberikan gambaran membakar 7700 kalori dalam sehari. Berlari 60 menit di treadmill dengan kecepatan 10 km per jam dapat membakar rata-rata 500 kalori.

Untuk membakar 7700 kalori maka dibutuhkan waktu 15,2 jam sehari. Dengan catatan dalam program tersebut tidak makan apapun. Meski demikian, hal itu sangat ekstrim dan membahayakan. Ada cara mengukur jumlah kalori yang lebih tepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penting sekali menetapkan tujuan realistis menurunkan berat badan. Pendekatan yang lebih baik dengan membakar 7700 kalori dalam jangka waktu yang mudah mengelolanya. Misalnya berencana menurunkan berat badan 1 kg dalam seminggu dengan membakar 1.100 kalori per harinya.

Nilai dari 1000 kalori per hari sama dengan 0,129598 kg. Jika ingin membakar 1000 kalori dalam hari, maka membutuhkan waktu selama 7 sampai 8 hari untuk membakar 1 kg lemak tubuh.

Rencanakan latihan pembentukan otot tanpa lemak atau kardio intensitas rendah. Latihan kardio termasuk joging, berjalan aerobik, dan lainnya. Berolahraga secara teratur tidak hanya membakar kalori tetapi juga menyehatkan jantung, stroke, diabetes, dan gangguan kecemasan.

Selain itu, konsumsi makanan berserat seperti gandum, oat, dan kentang untuk membantu kenyang lebih lama. Makanan kaya protein juga membantu pembentukan otot. Tak lupa untuk konsumsi air putih delapan gelas sehari.

Demikian cara mengukur jumlah kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg berat badan.

(RIN)

1
2