Share

3 Tanda Pria Lemah Syahwat, Begini Cara Pengobatannya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 01:08 WIB
$detail['images_title']
Mengalami lemah syahwat (Foto: Gerder roles)

PERLU dikenali tanda-tanda pria lemah syahwat, khususnya oleh pria. Nah, lemah syahwat merupakan kondisi ketidakmampuan penis untuk ereksi atau mempertahankan posisi ereksi saat berhubungan seksual.

Lemah syahwat biasanya memang dialami oleh laki-laki yang lanjut usia (lansia). Biasanya penderitanya orang yang berusia di atas 60 tahun. Namun kini akibat gaya hidup yang buruk, priadi usia produktif pun bisa saja mengalaminya.

 pria lemah syahwat

Namun, tak selalu pria yang kesulitan ereksi bisa dikatakan lemah syahwat atau impotensi karena ada tahapan sebelum disimpulkan mengalami penyakit tersebut.

Pria mengalami lemah syahwat atau impoten bila sulit untuk ereksi setiap kali hendak berhubungan seksual. Jangka waktunya 6 bulan atau lebih.

Apabila seorang pria hanya sesekali mengalami kesulitan ereksi atau mempertahankan ereksi, belum tentu ia mengalami lemah syahwat. Tetapi, perlu ada tindakan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya impotensi.

Berikut tanda-tanda penyebab lemah syahwat pada pria dan cara pengobatannya,

1. Tidak ereksi di pagi hari

Salah satu tanda pria dengan kesehatan seksual yang baik adalah ereksi di pagi hari atau saat bangun tidur. Apabila hal ini tidak terjadi, bisa jadi merupakan tanda disfungsi seksual atau lemah syahwat.

2. Tidak mengalami ereksi saat akan berhubungan intim

Pria dengan kesehatan seksual yang baik akan memiliki kemampuan ereksi kapan dan di mana saja, selama ada rangsangan seksual. Jika tak alami ereksi saat ingin berhubungan seksual atau ketika berhubungan intim maka haru segera memeriksakannya ke ahlinya untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan.

 BACA JUGA:Ternyata, Ini Penyebab Jepang Alami Resesi Seks Terus Menerus

3. Mr P akan terlihat semakin mengecil

Seorang pria yang mengalami kondisi lemah syahwat biasanya kondisi penisnya akan terlihat lebih kecil dibandingkan umumnya. Bahkan saat sedang dipegang pada saat mandi, masih terlihat kecil dan tak menunjukkan reaksi meski dilakukan rangsangan oleh sang istri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu bagaimanaa cara mengatasi lemah syahwat?

Bila kesulitan ereksi hanya terjadi sesekali, misalnya ketika sedang kelelahan atau stres, glmasalah ini mungkin bukanlah hal yang berbahaya. Namun, jika terjadi setiap kali hendak berhubungan seksual, kondisi ini sebaiknya diperiksakan ke dokter andrologi.

Setelah melakukan pemeriksaan dan memastikan diagnosis serta penyebab lemah syahwat, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan lemah syahwat yang direkomendasikan oleh dokter:

1. Pakai obat-obatan

Dokter dapat memberikan obat-obatan, seperti sildenafil atau vardenafil, untuk mengatasi penyakit yang menjadi penyebab lemah syahwat. Setelah penyakit tersebut teratasi, biasanya keluhan sulit ereksi ini juga akan hilang.

Selain itu, dokter juga bisa memberikan obat-obatan yang dapat memaksimalkan ereksi, seperti sildenafil dan tadalafil. Namun, perlu diingat, obat-obatan tersebut harus digunakan sesuai resep dan anjuran dokter guna mencegah efek samping.

2. Terapi hormon testosteron

Selain obat, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi hormon testosteron untuk meningkatkan libido atau mengatasi lemah syahwat pada pria yang mengalami kekurangan hormon testosteron.

3. Psikolog 

Kasus lemah syahwat yang disebabkan gangguan psikologis dapat diatasi dengan melakukan konseling ke psikolog atau psikiater. Setelah diketahui penyebabnya, psikolog atau psikiater dapat melakukan psikoterapi untuk mengatasi lemah syahwat yang dialami pasien.

4. Pompa penis

Ini adalah alat untuk membantu penis ereksi dengan cara mengalirkan darah ke penis. Pompa penis terdiri dari tabung plastik yang ditempatkan di penis, pompa untuk menyedot udara dari tabung plastik, dan cincin elastis yang ditempatkan di pangkal penis untuk mempertahankan ereksi.

Apabila Anda menderita lemah syahwat, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

1
2