Share

3 Amalan Bulan Rajab Berpahala Luar Biasa Besar, Sangat Sayang jika Terlewat

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 330 2752802 3-amalan-bulan-rajab-berpahala-luar-biasa-besar-sangat-sayang-jika-terlewat-2FdzNThUs2.jpg Ilustrasi amalan bulan Rajab. (Foto: Shutterstock)
A A A

AMALAN bulan Rajab sangat penting diketahui kaum Muslimin. Saat bulan suci ini tiba, dianjurkan umat Islam mengerjakan berbagai amal salih agar makin mendapat berkah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Bulan ketujuh dalam kalender Hijriah ini diketahui sangat dimuliakan. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda tentang keutamaan bulan Rajab, kemudian tertuang dalam hadits riwayat Bukhari.

أن النبي صلى الله عليه وسلم قال في حجة الوداع: إن الزمان قد استدار كهيئته يوم خلق الله السماوات والأرض، السنة اثنا عشر شهراً، منها أربعة حرم، ثلاث متواليات ذو القعدة وذو الحجة والمحرم، ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان.

"Nabi Shallallahu alaihi wassallam bersabda pada haji wada' sesungguhnya waktu itu berjalan terus sejak awal penciptaan langit dan bumi. Satu tahun ada 12 bulan, di antaranya ada 4 bulan haram (suci), 3 bulan berturut-turut yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram serta Rajab yang berada antara Jumadil Akhir dan Sya'ban." (HR Bukhari)

Pada bulan yang dianggap mulia ini sudah sepatutnya kaum Muslimin melaksanakan berbagai amal ibadah. Berikut merupakan amalan bulan Rajab yang perlu dikerjakan, seperti dikutip dari iNews.

BACA JUGA:4 Keistimewaan Bulan Rajab, Salah Satunya Penuh Pengampunan 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

BACA JUGA:Sejarah Rajab, Salah Satu Bulan Suci yang di Dalamnya Terjadi Isra Miraj 

1. Puasa sunnah

Puasa sunnah di bulan Rajab satu ini dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dalam sebuah riwayat shahih Muslim dijelaskan:

عن عُثْمَانَ بْنِ حَكِيمٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صَوْمِ رَجَبٍ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِي رَجَبٍ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ

"Dari Utsman bin Hakim Al Anshari bahwa ia berkata: 'Aku bertanya kepada sahabat Sa’id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka ia pun menjawab: Aku telah mendengar Ibnu Abbas radhiyallahu anhu berkata: Dulu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa'." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Sedekah

Bersedekah di bulan Rajab termasuk salah satu amalan yang sebaiknya dilakukan umat Islam. Allah Subhanahu wa Ta'ala berjanji bahwa mereka yang bersedekah pada bulan Rajab bakal jauh dari neraka.

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من تصدق في رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا حتى مات هرما

"Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda, siapa yang sedekah di bulan Rajab maka Allah Ta’ala menjauhkan dirinya dari neraka sejauh jarak terbang seekor burung elang yang terbang dari kecil hingga mati."

3. Istighfar

Perbanyaklah amalan istighfar pada bulan Rajab demi meminta pengampunan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Pada bulan Rajab, Allah Ta'ala senantiasa mencurahkan rahmat untuk hamba-hamba-Nya.

Demikian penjelasan mengenai amalan bulan Rajab. Pahalanya luar biasa besar. Maka itu jangan sampai terlewat.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini