Share

Usulan Kenaikan Biaya Haji Jadi Rp69 Juta, Muhammadiyah Minta Pengurangan Subsidi Jangan Drastis

Widya Michella, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 398 2752967 usulan-kenaikan-biaya-haji-jadi-rp69-juta-muhammadiyah-minta-pengurangan-subsidi-jangan-drastis-BpNh27qxch.jpg Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Foto: Dok Pribadi)
A A A

JAKARTA - Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2023 diusulkan naik menjadi sebesar Rp69,1 juta dari Rp39,8 juta per jamaah dari tahun 2022.

Menurut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, hal tersebut berpotensi menimbulkan masalah baru di tengah masyarakat.

"Seiring dengan waktu, kenaikan biaya perjalanan haji tidak akan bisa dihindari. Secara perlahan subsidi dari Pemerintah akan dikurangi. Akan tetapi, mengurangi subsidi secara drastis seperti sekarang ini juga berpotensi menimbulkan masalah," kata Abdul melalui pesan singkatnya kepada MNC Portal, Rabu, (25/1/2023).

Kenaikan biaya haji yang diusulkan Menteri Agama kepada Komisi VIII DPR beberapa waktu lalu, kata dia, terlalu tinggi. Menurutnya dengan biaya lebih dari Rp69 juta akan banyak jamaah yang batal berangkat karena tidak mampu melunasi kekurangan biaya haji yang naik hingga dua kali lipat ini.

"Kenaikan biaya haji yang diusulkan Menteri Agama mungkin terlalu tinggi. Dengan biaya lebih dari Rp69 juta, kemungkinan besar akan ada banyak jamaah yang sudah mendapatkan nomor antrean akan batal berangkat karena tidak mampu memenuhi kekurangan atau tambahan biaya yang hampir dua kali lipat,"ujarnya.

Dirinya mengusulkan agar biaya haji yang dibebankan kepada jamaah dapat diturunkan dengan menaikkan subsidi Pemerintah sebesar 50 persen. Pengurangan biaya tersebut lanjut nya dapat dilakukan dengan menurunkan biaya yang tidak terkait langsung dengan penyelenggaraan haji.

"Perlu ada jalan keluar terbaik untuk mereka yang sudah mendapatkan nomor antrean tetapi tidak mampu memenuhi kekurangan biaya dalam waktu dekat,"tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya pengurangan subsidi untuk haji ini dapat dilakukan secara bertahap.

"Alasan itu bisa dipahami Karena itu, subsidi bisa 50 persen untuk tahun ini, tahun selanjutnya bisa secara gradual misalnya 40 persen atau 30 persen. BPKH juga harus lebih kreatif dan berani mengambil langkah strategis dengan investasi yang produktif,"ungkap dia.

Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi oleh menjadi Rp98,89 juta per jemaah, naik Rp514,88 ribu dibanding tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, biaya yang perlu ditanggung jamaah mencapai 70% atau Rp69,19 juta per orang. Sementara 30% atau Rp29,7 juta sisanya dibayarkan dari nilai manfaat pengelolaan dana haji.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini