Share

Menguak Sejarah dan Asal-usul Kickboxing

Zseztar Juvendhitama, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 22:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 43 2753113 menguak-sejarah-dan-asal-usul-kickboxing-NYphUEXXPF.jpeg Menguak sejarah dan asal-usul kikcboxing (Foto: NOC Indonesia)
A A A

MENGUAK sejarah dan asal-usul kickboxing, salah satu bela diri yang mencampurkan gerakan tendangan dan kaki dalam aturannya. Kickboxing menjadi salah satu aspek yang memicu lahirnya bela diri gabungan.

Sesuai dengan namanya, kickboxing dapat diartikan sebagai tinju yang memperkenankan serangan menggunakan kaki. Olahraga ini terbilang cukup terkenal.

 Kickboxing

(Pertandingan kickboxing di SEA Games 2021 (Foto: NOC Indonesia)

Banyak kalangan muda yang menyukai olahraga ini. Sebab, olahraga ini bisa membakar kalori sekitar 450 hingga 500 kalori per jam.

Menurut torehan sejarah, olahraga kickboxing tercipta dari seorang karateka yang bernama Tatsuo Yamada. Ia mencampurkan jurus-jurus dari olahraga Muay Thai, tinju dan juga karate.

Kickboxing diketahui lahir pada tahun 1959, ketika pertandingan modern mulai dikenal. Konsep ini bermula dari percampuran tinju dengan karate untuk menambahkan pukulan-pukulan keras dan gerakan kaki.

BACA JUGA:Mengenal Perbedaan Boxing dan Kickboxing

Sebetulnya, olahraga Muay Thai lebih dulu dikenal ketimbang kickboxing. Akan tetapi, intensitas dan peraturan serta tingkat serangan kickboxing berbeda dengan Muay Thai.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meski begitu, kickboxing lebih dikenal di Amerika Utara dan Belanda mulai tahun 1970. Kala itu, banyak kompetisi yang diadakan di beragam negara.

Kickboxing

Kemudian pada 1993 Kazuyoshi Ishii, seorang petarung asal Jepang mendirikan perkumpulan kickboxing yang dikenal dengan nama K-1. Di perkumpulan itu juga ada kejuaraan kickboxing level internasional. Meski demikian, kickboxing sampai saat ini tak mempunyai asosiasi olahraga internasional seperti olahraga lainnya.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini