Share

Apa Bahaya Bayi Diberi Minum Kopi Susu Sachet?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 14:00 WIB
$detail['images_title']
Bayi diberi kopi susu sachet (Foto: Tiktok)

BELUM lama ini heboh bayi diberi minum kopi susu sachet Video dibuat sendiri oleh ibu dari bayi dan disebarkan di TikTok.

Di keterangan yang dituliskan, si ibu memberikan bayi kopi, karena alasan tidak mampu beli susu. Kopi instan dipilih karena di dalamnya mengandung susu.

"Bayi minum kopi G*** D** kan ada susunya, daripada dikasih susu F****** F*** katanya gak ada susunya," tulis keterangan di video, dikutip MNC Portal.

 kopi

Tertulis juga di video itu kondisi bayi yang mengalami penurunan intensitas buang air besar setelah pemberian kopi instan tersebut.

"Kemarin-kemarin bayi BAB 10 kali sehari, Alhamdulillah sejak minum susu kopi sekarang dia BAB 9 kali sehari," terang tulisan di video tersebut.

Dokter sekaligus pemerhati kesehatan, dr Nadia Alaydrus, memberi komentar sikap ibu tersebut.

Dengan tegas dia menyatakan bahwa bayi sama sekali tidak boleh diberikan kopi karena akan memberi dampak buruk pada tubuh dan kesehatannya.

"Bayi boleh gak sih dikasih kopi? Jawabannya tidak boleh!" tegas Dokter Nadia Alaydrus dalam unggahan video Instagramnya.

Selain itu, soal kepercayaan pemberian kopi pada bayi dapat mencegah bayi kejang adalah hal yang tidak benar.

BACA JUGA:Hari Gizi Nasional, Konsumsi Ikan Kembung dan Lele Yuk! 

"Itu hoaks! Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan kalau kopi bisa mencegah bayi kejang," tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

dr. Nadia juga menambahkan bahwa meminumkan kopi ke bayi saat kejang malah akan mengancam keselamatannya.

"Malah justru kalau lagi kejang dikasih kopi, itu bisa meningkatkan risiko, karena bisa terjadi tersedak, apalagi kalau bayinya di bawah 6 bulan di mana bayi itu tidak boleh mengonsumsi apapun selain ASI," sambung dr Nadia.

Di akhir video edukasi itu, dr Nadia Alaydrus menyampaikan pesan seperti ini. "So, please stop dan jangan pernah ada lagi yang ngasih kopi ke bayi," pintanya.

1
2