Share

Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, Minum Obat hingga Operasi

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 20:00 WIB
$detail['images_title']
Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, (Foto: Freepik)

Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, mungkin jadi pertanyaan sebagian besar orang sehari-hari. Sebab, kondisi masalah kesehatan yang terkesan sepele satu ini memang nyatanya menganggu aktivitas, mood dan membuat diri jadi tak nyaman.

Panas dalam sendiri, dikutip dari Khealth yang ditinjau secara medis oleh Craig Sorkin, DNP, APN, ialah untuk menggambarkan kondisi sensasi nyeri seperti terbakar di belakang tulang dada, karena asam lambung yang naik ke kerongkongan, yakni tabung yang menghubungkan mulut ke perut.

Proses ini disebut refluks asam, yang mengakibatkan sensasi terbakar, yang biasa disebut banyak orang sebagai panas dalam. Meski secara medis, melansir Alodokter, istilah panas dalam sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis. Kondisi yang bukan suatu penyakit ini adalah kumpulan gejala dari penyakit di tenggorokan atau gejala awal dari infeksi virus atau juga bakteri.

Panas dalam yang terjadi sesekali sebetulnya tak perlu dicemaskan, karena bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup jadi lebih sehat atau konsumsi obat-obatan yang ada di pasaran seperti antacids, H2 receptor blockers, atau proton pump inhibitors.

 

(Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, Foto: Mymilk)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun jika panas dalam terjadi lebih sering dan tak kunjung sembuh, tak lagi ampuh dilawan dengan obat-obatan OTC (over the counter). Maka ini bisa jadi tanda kondisi kesehatan yang lebih serius dan harus dikonsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Panas dalam yang persisten dan tak kunjung sembuh, kemungkinan bisa jadi gejala dari penyakit refluks gastroesofagus (GERD), hernia hiatus, esofagus Barrett, hingga kanker esofagus.

(Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, Foto: Freepik)

Lantas bagaimana cara mengobatinya? Melansir Healthline, Rabu (25/1/2023) yang sudah ditinjau secara medis oleh Saurabh Sethi, M.D., MPH, empat kondisi di atas memiliki cara pengobatannya masing-masing. Pertama untuk GERD, biasanya jika GERD nya ringan konsumsi obat antasida saja sudah bisa membantu mengobati. Namun, memang akan memerlukan obat yang berbeda untuk kasus GERD yang lebih parah.

Lalu untuk hernia hiatal, umumnya dokter mungkin menyarankan perubahan gaya hidup, antasida, atau obat lain untuk mengontrol panas dalam ini. Perubahan gaya hidupnya meliputi mulai dari makan makanan dengan porsi kecil, menghindari makanan pemicu, stop merokok, tak konsumsi alcohol, dan harus mencapai serta mempertahankan body mass index (BMI) yang sehat.

Selanjutnya jika panas dalam tak kunjung sembuh karena Esofagus Barrett. Pertama, dokter biasanya akan merekomendasikan pasien untuk melakukan endoskopi berkala untuk mengamati tanda-tanda perkembangan kanker. Selama prosedur ini, pasien akan dimasukkan kamera kecil melalui mulut dan masuk ke kerongkongan. Selain itu, pembedahan atau operasi juga bisa menjadi pilihan cara mengobati.

(Cara Mengobati Panas Dalam yang Tak Kunjung Sembuh, Foto: Freepik)

Terkahir untuk kanker kerongkongan, maka dokter akan mengevaluasi sel kanker dan kondisi kerongkongan pasien. Tujuannya untuk menentukan jenis dan stadium kanker. Cara mengobati yang paling umum, biasanya pasien akan dioperasi untuk mengangkat bagian kerongkongan yang terkena.

Selain operasi, bisa juga direkomendasikan treatment lain sebagai pengobatan, mulai dari terapi radiasi, kemoterapi, terapi kemoradiasi, terapi laser, elektrokoagulasi hingga imunoterapi.

1
3